Ahad 26 Dec 2021 17:25 WIB

NASA Luncurkan Teleskop James Webb untuk Lihat Awal Alam Semesta

NASA menyebut teleskop James Webb 100 kali lebih sensitif dibandingkan pendahulunya.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Roket Ariane 5 yang membawa teleskop James Webb meluncur pada Sabtu (25/12) di pantai timur laut Amerika Selatan.
Foto: ESA-CNES-ARIANESPACE via AP
Roket Ariane 5 yang membawa teleskop James Webb meluncur pada Sabtu (25/12) di pantai timur laut Amerika Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, CAYENNE -- Teleskop luar angkasa termutakhir diluncurkan dengan roket dari pantai timur laut Amerika Selatan Sabtu (25/12) pagi. Benda ini menjadi observatorium ilmu antariksa perdana pada dekade berikutnya.

Teleskop inframerah revolusioner senilai sembilan miliar dolar ini bernama Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA. Dibangun untuk memberi dunia pandangan sekilas pertama tentang awal alam semesta.

Baca Juga

Benda itu di dalam ruang kargo roket Ariane 5 yang diluncurkan sekitar pukul 07.20 waktu setempat dari Pangkalan peluncuran European Space Agency (ESA) di Guyana Prancis. Hitungan mundur yang dilakukan dalam bahasa Prancis ini disiarkan langsung di webcast NASA-ESA.

Peluncuran ini mengakhiri pembuatan proyek selama beberapa dekade yang membuahkan hasil setelah bertahun-tahun mengalami penundaan berulang dan pembengkakan biaya. "Dari hutan hujan tropis ke tepi waktu itu sendiri, James Webb memulai perjalanan kembali ke kelahiran alam semesta," kata komentator NASA saat kendaraan peluncuran dua tahap, dilengkapi dengan pendorong roket padat ganda, menderu landasan peluncuran ke langit berawan.