Senin 27 Dec 2021 01:34 WIB

Morgan Freeman Isi Narasi Dokumenter Pelarian Penjara Terbesar

Dokumenter ceritakan pelarian penjara oleh tahanan IRA di tahun 1983.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari
Aktor Morgan Freeman.
Foto: EPA
Aktor Morgan Freeman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peristiwa The IRA Maze tentang pelarian diri penjara besar-besaran sepanjang sejarah Inggris, ditampilkan dalam serial dokumenter baru. Salah satu legenda Hollywood Morgan Freeman, mengisi narasi serial dokumenter itu.

Bintang film Shawshank Redemption itu menceritakan kisah upaya mematikan untuk kebebasan dalam serial “Great Escapes” dari History Channel yang saat ini ditayangkan di AS. Dilansir Belfast Telegraph, Ahad (26/12), dalam cerita itu, disebutkan tentang pelarian Gerry Kelly dan Brendan "Bik" McFarlane yang mengingat peran mereka dalam plot yang merenggut nyawa seorang petugas penjara dan melukai 20 lainnya.

Baca Juga

Freeman yang berusia 84 tahun itu memperkenalkan episode dari dalam salah satu H-Block yang masih hidup. Dia menggambarkan penjara keamanan maksimum, yang menampung narapidana republik dan loyalis, sebagai lubang neraka.

“Ini adalah sel khas dari salah satu penjara paling terkenal yang pernah dibangun di Eropa, akomodasinya jarang. Ini bukan penjara bawah tanah Victoria, ini Irlandia Utara tahun 1980-an, ini adalah penjara yang dibangun di sebelah pangkalan militer Inggris, namanya Labirin,” kata dia.

Plot melarikan diri dilakukan oleh 38 tahanan IRA pada 25 September 1983. Sampai saat ini itu merupakan pembobolan penjara terbesar dalam sejarah Inggris.

Dalam trailer untuk episode McFarlane, Freeman menjelaskan bagaimana McFarlane dan tahanan lainnya berteman dengan penjaga yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan akses ke ruang kontrol penting dari H Block 7.

“Kami melakukan ini selama berminggu-minggu sampai gembok terbuka dan pintu terbuka,” katanya.

Setengah dari jumlah pria yang mencoba melarikan diri ditangkap selama dua hari berikutnya setelah peristiwa itu. Sementara Kelly dan McFarlane akhirnya ditangkap kembali di Amsterdam pada Januari 1986.

Upaya pelarian terkenal lainnya yang ditampilkan dalam seri ini termasuk pelarian oleh tahanan Sekutu dari kamp tawanan perang Jerman pada tahun 1943. Ada pula upaya untuk keluar dari penjara Alcatraz yang terkenal juga termasuk pada seri ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement