Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

27 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Muhasabah Akhir Tahun MUI Siap Digelar dengan Prokes

Senin 27 Dec 2021 12:03 WIB

Red: A.Syalaby Ichsan

rapat MUI, Istiqlal, Republika

rapat MUI, Istiqlal, Republika

Foto: Dokrep
Muhasabah akhir tahun MUI

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Muhasabah Akhir Tahun Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan digelar secara hibrid menjelang akhir tahun 2022. Acara tersebut akan dihadiri tak lebih dari 100 jamaah di Istiqlal, Jakarta, pada Kamis (30/12).  Selain itu,  acara itu akan digelar secara virtual melalui berbagai platform. Diantaranya, lewat republika.co.id, youtube,  dan TVMUI. 

Kepala Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat  Masjid Istiqlal Laksma TNI (Purn) Asep Saepudin menjelaskan, penting untuk menjaga protokol kesehatan di tengah meningkatnya varian Omicron Covid-19. Karena itu, pembatasan jamaah penting untuk dilakukan pada acara tersebut. Asep pun menegaskan, Istiqlal akan mendukung acara muhasabah akhir tahun yang sudah diselenggarakan dua tahun ke belakang. Dia menjelaskan, Imam Besar Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar pun akan menjadi salah satu pengisi tausiyah dalam acara tersebut. "Insya Allah imam besar akan hadir,"ujar di saat rapat bersama MUI dan Republika, Senin (27/12).

Ketua Komisi Dakwah MUI KH Ahmad Zubaidi menjelaskan, Muhasabah Akhir Tahun akan menyajikan Istighasah Kubro, tausiyah dan doa. Menurut dia, sebagian pengisi acara  akan memberikan sambutan dan tausiyah secara online. Kiai Zubaidi mencontohkan, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar yang akan memberikan sambutannya lewat daring. 

Selain dua tokoh tersebut, Kiai Zubaidi menjelaskan, MUI berupaya untuk menghadirkan ulama yang merepresentasikan ormas Islam.  “Nanti doa dan pengantar akan dibacakan oleh perwakilan dari habaib Majelis Rasulullah. Habib Nabil Al Musawa,”jelas dia. 

Selain tausiyah, acara ini akan menggelar shalawat dan istighasah yang juga akan digelar secara hibrid. Karena itu, untuk menyemarakkan acara tersebut, MUI mengimbau segenap pengurus MUI di setiap provinsi dan daerah agar bisa menyaksikan acara tersebut.

Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) Republika  Nur Hasan Murtiaji mengaku, pihaknya siap mendukung acara tersebut. Menurut Hasan, Republika yang dikenal sebagai media umat akan membantu pemberitaan dan distribusi konten acara Muhasabah Akhir Tahun MUI. “Kami akan mendukung lewat pemberitaan sebelum, saat dan setelah acara berlangsung lewat koran dan online,”ujar Hasan. 

Tidak hanya itu, Hasan menjelaskan, Republika memiliki beragam platform media sosial yang sudah memiliki enam juta follower untuk ikut mendistribusikan konten acara tersebut. Hasan pun mengapresiasi acara MUI ini sebagai upaya untuk memberikan alternatif kegiatan positif bagi umat. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile