Senin 27 Dec 2021 20:28 WIB

Tambah Mitra Fasilitas Kesehatan, BPJS Kesehatan Bandung Cek Kualifikasi 7 Puskesmas

Dengan adanya penambahan mitra FKTP meningkatkan akses pelayanan kesehatan bermutu

Red: Gita Amanda
BPJS Kesehatan Cabang Bandung terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS, salah satunya dengan memperluas jaringan mitra Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).
Foto: BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Cabang Bandung terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS, salah satunya dengan memperluas jaringan mitra Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- BPJS Kesehatan Cabang Bandung terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS, salah satunya dengan memperluas jaringan mitra Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Sebelum dilakukan kerja sama, ada tahapan yang akan dilakukan BPJS Kesehatan untuk memastikan kesiapan FKTP dan standarisasinya terpenuhi, salah satunya kredensialing.

“Ada beberapa hal yang menjadi fokus BPJS Kesehatan dalam melakukan proses kredensialing kepada calon FKTP diantaranya ketersediaan tenaga kesehatan, sarana dan prasarana, hingga kondisi fisik dari FKTP tersebut. Apabila semua indikator terpenuhi sesuai dengan ketentuan, maka FKTP tersebut dinyatakan layak untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” jelas Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Bandung Sundus Farida, belum lama ini.

Baca Juga

Sundus mengatakan bahwa saat ini, pihaknya sedang melakukan proses kredensialing terhadap 7 Puskesmas di Kota Bandung yang telah mengajukan permohonan kerja sama kepada BPJS Kesehatan. Dengan adanya penambahan mitra FKTP ini, dirinya berharap upaya yang dilakukan bisa meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang bermutu dan merata bagi peserta JKN-KIS.

“Semoga 7 Puskesmas ini lulus untuk tahap kredensialing untuk perluasan FKTP di Kecamatan Ujungberung dan Kecamatan Bojongloa Kaler. Selain aspek administrasi dan teknis pelayanan, kami juga memastikan komitmen pelayanan FKTP terpenuhi apabila nantinya bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” tuturnya.