Rabu 29 Dec 2021 02:33 WIB

Lima Film Berpenghasilan Tertinggi pada 2021

Spider-Man: No Way Home menjadi film berpenghasilan tertinggi pada 2021.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Lima film berpendapatan tertinggi pada 2021 (ilustrasi).
Foto: Sony/Marvel
Lima film berpendapatan tertinggi pada 2021 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Bukan rahasia lagi bahwa 2021 adalah tahun yang penuh gejolak. Untungnya, beberapa hal yang menggembirakan terjadi, di mana film akhirnya mulai bangkit. Terlepas dari penundaan yang tak terhitung jumlahnya dan bahkan penutupan bioskop, film terus dirilis setiap pekan dan box office telah meningkat pesat dari 2020.

Meski angka pencapaian box office tahun ini masih jauh dibandingkan tahun 2019 sebelum pandemi. Dilansir di Looper, Selasa (28/12), berikut lima film dengan penghasilan tertinggi tahun 2021: 

Baca Juga

1. Spider-Man: No Way Home

photo
Spider-Man: No Way Home (ilustrasi). - (Sony/Marvel)

 

Meskipun baru dirilis pada 17 Desember, tidak ada film yang mendekati kesuksesan box office Spider-Man: No Way Home karya Jon Watts. Film ini telah telah melewati raihan pendapatan 1 miliar dolar AS (Rp 14,1 triliun) di box office dan ada kemungkinan jumlah itu bisa berlipat ganda sebelum film tersebut meninggalkan bioskop.

Pada akhir pekan debutnya saja, Spider-Man: No Way Home menghasilkan 260 juta dolar AS, pendapatan terbesar kedua setelah Avengers: Endgame. Tetapi adil untuk membayangkan bahwa jika pandemi Covid-19 tidak berkecamuk, Spider-Man: No Way Home mungkin akan bisa melampaui Endgame.

Film ini menampilkan Tom Holland sebagai web-slinger tituler, yang identitas aslinya sebagai Peter Parker terungkap ke dunia. Parker memanggil Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) untuk meminta bantuan. Sayangnya ketika mantra diucapkan, Parker membuat Dr Strange tidak fokus dan meminta terlalu banyak permintaan. Alhasil, Dr Strange malah membuka gerbang multiverse yang menyebabkan masuknya karakter penjahat dari dimensi lain. Film ini memiliki semua yang diimpikan oleh penggemar Marvel, mulai dari akting yang luar biasa, karakter yang benar-benar epik, dan humor.

2. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

photo
Film superhero Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. - (Disney/MCU)

 

Yang kedua dari petualangan superhero Marvel baru, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings adalah film terlaris kedua di box office AS pada 2021. Film ini menghasilkan 224 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,2 triliun. Simu Liu adalah Shang-Chi tituler, seorang master seni bela diri yang dipaksa untuk kembali ke masa lalu ketika organisasi Ten Rings yang kejam mengeluarkannya.

Film ini penuh dengan adegan-adegan mendebarkan, termasuk salah satu momen film terbaik 2021, dengan sutradara Destin Daniel Cretton mendemonstrasikan kemampuan nyata untuk merekam adegan aksi dalam ruang terbatas. Pemeran juga merupakan aktor-aktris kelas dunia termasuk Awkwafina, Tony Leung, Michelle Yeoh, Ben Kingsley, dan Benedict Wong.

3. Venom: Let There Be Carnage

photo
Film Venom: Let There Be Carnage. - ( Sony Pictures Releasing)

 

Sekuel Venom: Let There Be Carnage sukses memberikan kejutan yang menyenangkan bagi Sony Pictures karena bisa menembus box office dan meraih 212 juta dolar AS di box office domestik saja, menjadikannya film terlaris ketiga tahun ini. Film ini menampilkan Tom Hardy sebagai Eddie Brock atau Venom, yang mencoba memulai kembali karirnya setelah peristiwa di film pertama.

Dia memutuskan untuk mewawancarai Cletus Kasady (Woody Harrelson), seorang pembunuh berantai yang akan dieksekusi. Kekacauan terjadi setelah Carnage symbiote yang menghuni tubuh Kasady dan dia melarikan diri dari penjara setelah eksekusi yang gagal.

4. Black Widow

photo
Black Widow. - (Marvel Cinematic Universe/Disney.)

 

Terlepas dari kesulitan era pandemi, Marvel terbukti dominan. Setiap film mereka pada 2021 telah masuk 10 besar box office performer tahun ini. Dengan hampir setiap anggota Avengers mendapatkan film atau serial Disney+, Black Widow yang menampilkan Scarlett Johansson adalah kelalaian yang mencolok.

Film ini hanya menghasilkan 183 juta dolar AS di box office AS. Meskipun terbilang rendah untuk film Marvel yang menampilkan anggota inti Avengers, capaian ini cukup mengesankan mengingat film tersebut dirilis pada puncak pandemi dan masuk ke akses premium Disney+ pada saat yang bersamaan.

5. F9: The Fast Saga

photo
Salah satu adegan dalam film Fast & Furious 9 (F9). - (Universal Pictures)

 

Serial Fast and Furious benar-benar tak terbendung di box office. Film terbaru dari waralaba epik, F9: The Fast Saga yang disutradarai oleh Justin Lin dan ditulis oleh Lin dan Daniel Casey adalah film terlaris kelima di box office AS pada 2021 dengan menghasilkan 173 juta dolar AS atau sekitar 2,4 triliun meskipun sedang pandemi.

Film ini mengisahkan tentang Dom (Vin Diesel) dan geng-nya yang menghadapi teroris internasional Jakob (John Cena) dan telah menyiapkan skema yang mengancam seluruh dunia. Pemerannya termasuk Michelle Rodriguez, Jordana Brewster, Tyrese Gibson, Ludacris, Sung Kang, dan Charlize Theron. Meskipun menjadi film pertama dalam seri sejak Tokyo Drift yang tidak ditulis oleh Chris Morgan, F9 dinilai mampu mempertahankan hal-hal yang membuat seri ini begitu menyenangkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement