Rabu 29 Dec 2021 06:17 WIB

Anak Berisiko Tinggi di Irlandia Bisa Didaftarkan Vaksin Duluan

Anak-anak di Irlandia resmi ditawari untuk mendapat vaksinasi pada Januari 2022.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
 Anak-anak divaksinasi di pusat vaksinasi. ilustrasi. Anak-anak di Irlandia resmi ditawari untuk mendapat vaksinasi pada Januari 2022.
Foto: AP/Jean-Francois Badias
Anak-anak divaksinasi di pusat vaksinasi. ilustrasi. Anak-anak di Irlandia resmi ditawari untuk mendapat vaksinasi pada Januari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN -- Anak-anak berisiko tinggi di Irlandia sudah bisa didaftarkan untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Sementara, semua anak di sana akan secara resmi ditawari untuk mendapat vaksinasi pada Januari 2022.

Departemen Kesehatan Irlandia (HSE) mendahulukan anak yang memiliki risiko tinggi sejak bulan ini. Anak dengan risiko tinggi artinya mengidap kondisi kesehatan tertentu sehingga rentan terhadap penyakit, atau jika dia tinggal dengan anggota keluarga yang berisiko.

Baca Juga

Direktur kesehatan masyarakat di Kantor Imunisasi Nasional Irlandia, Lucy Jessop, menyampaikan bahwa uji coba klinis menunjukkan vaksinasi sangat efektif mencegah anak-anak terinfeksi Covid-19. Semua vaksin di Irlandia diuji oleh European Medicines Agency sebelum disetujui pemakaiannya.

Jessop mendorong orang tua mendapatkan informasi mengenai vaksin dari sumber tepercaya, seperti situs hse.ie atau profesional medis. Dengan begitu, mereka bisa membuat keputusan tepat terkait vaksinasi anak.

"Kami tahu banyak orang tua memiliki pertanyaan dan kekhawatiran tentang vaksin Covid-19, terutama orang tua yang anaknya tidak berisiko lebih tinggi," kata Jessop, dikutip dari laman Independent.

HSE berencana untuk memberikan suntikan kepada sebagian besar anak di pusat vaksinasi. Persetujuan orang tua diperlukan sebelum anak divaksin. Orang tua yang setuju bisa mendaftarkan anak secara daring atau melalui telepon.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement