Rabu 29 Dec 2021 17:16 WIB

Bacaan Doa dari Alquran yang Boleh Dibaca Saat Sujud Sholat

Sujud merupakan waktu yang tepat untuk memanjatkan doa

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Sujud merupakan waktu yang tepat untuk memanjatkan doa. Bersujud (ilustrasi).
Foto: Reuters
Sujud merupakan waktu yang tepat untuk memanjatkan doa. Bersujud (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, — Meskipun kita tidak boleh membaca Alquran  dalam sujud, kita dapat membaca doa-doa yang terdapat dari Alquran  dalam sujud.  

Melansir laman askthescholar.net, ulama asal Kanada Syekh Ahmad Kutty mengatakan pandangan tersebut merupakan pandangan mayoritas ulama. Membaca doa tidak sama dengan membaca Alquran. 

Baca Juga

Menggunakan doa yang disebutkan dalam Alquran  dapat dilakukan kapan saja termasuk dalam keadaan junub (karena haid atau janabah). 

Pada hal seperti itu, tidak ada larangan untuk berdoa dengan doa yang terdapat dalam Alquran. Dalam hadits riwayat Muslim disebutkan demikian: 

 عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَشَفَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ السِّتَارَةَ وَالنَّاسُ صُفُوفٌ خَلْفَ أَبِي بَكْرٍ فَقَالَ أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّهُ لَمْ يَبْقَ مِنْ مُبَشِّرَاتِ النُّبُوَّةِ إِلَّا الرُّؤْيَا الصَّالِحَةُ يَرَاهَا الْمُسْلِمُ أَوْ تُرَى لَهُ أَلَا وَإِنِّي نُهِيتُ أَنْ أَقْرَأَ الْقُرْآنَ رَاكِعًا أَوْ سَاجِدًا فَأَمَّا الرُّكُوعُ فَعَظِّمُوا فِيهِ الرَّبَّ عَزَّ وَجَلَّ وَأَمَّا السُّجُودُ فَاجْتَهِدُوا فِي الدُّعَاءِ فَقَمِنٌ أَنْ يُسْتَجَابَ لَكُمْ 

Dari Ibnu Abbas dia berkata, "Rasulullah ﷺ membuka tirai penutup, sedangkan manusia bershaf-shaf di belakang Abu Bakar, maka beliau bersabda, 'Wahai manusia, tidak tersisa dari pemberi kabar kenabian melainkan mimpi yang baik yang dilihat oleh seorang Muslim atau diperlihatkan kepadanya. Ketahuilah, aku dilarang untuk membaca Alquran dalam keadaan rukuk atau sujud. Adapun rukuk maka agungkanlah Rabb azza wa jalla, sedangkan sujud, maka berusahalah bersungguh-sungguh dalam doa, sehingga layak dikabulkan untukmu'."  

Membaca Alquran  dalam sujud sama saja dengan menurunkan status Alquran. Sementara berbicara tentang doa, tidak ada yang bisa mengalahkan permohonan yang disebutkan Alquran. Fakta bahwa Allah ﷻ menyebutkannya adalah untuk kita gunakan.

Doa terbaik, menurut para ulama, adalah doa-doa yang disebutkan dalam Alquran  dan tradisi kenabian. Oleh karena itu, kita dapat dengan bebas menggunakannya setiap saat.  

Itulah sebabnya kebanyakan ulama tidak menemukan hal yang tidak diinginkan atau salah dalam menggunakan doa-doa tersebut saat melakukan sujud.      

Berikut adalah beberapa doa dari Alquran yang dapat digunakan siapa saja tanpa hambatan saat sujud:

Pertama, QS Al Baqarah ayat 201

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ 

"Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar."

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.”

Kedua, QS Al Isra ayat 24

رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا 

Rabbirhamhuma kama rabbayani shaghira

 “Ya Tuhanku, sayangilah kedua orang tuaku sebagaimana mereka menyayangiku ketika aku masih kecil.”  

Ketiga, QS Ali Imran ayat 8  

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

Rabbana la tuzigh qulubana ba'da idz hadaitana wahablana minladunka rahmatan innaka antal wahhab.

 “Ya Tuhan kami, janganlah membuat hati kami menyimpang dari jalan yang lurus setelah Engkau memberi petunjuk kepada kami dengan benar.”

Baca juga: Hadapi Ujian Hidup, Mualaf Yefta: Ada Bisikan Jaga Sholat dan Wudhu

Keempat, QS Al Hujurat ayat 7

 اَللَّهُمَّ حَبِّبْ اِلَيْنَا اْلإِيْمَانَ، وَزَيِّنْهُ فِي قُلُوْبِنَا، وَكَرِّهْ اِلَيْنَا الْكُفْرَ وَالْفُسُوْقَ وَالْعِصْيَانَ

Allâhumma habbib ilaynal imân, wa zayyinhu fî qulûbinâ, wa karrih ilaynal kufra wal fusûqa wal ‘ishyân 

“Ya Tuhan kami, berilah kami semangat untuk mencintai iman dan menghiasi hati kami dengannya dan membenci kekafiran, kemaksiatan.”    

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement