Kamis 30 Dec 2021 00:05 WIB

Terserang Pilek dan Flu, Gejala Covid-19 atau Bukan?

Meski berbeda, pilek, flu, dan Covid-19 punya gejala yang cukup mirip.

Red: Nora Azizah
Meski berbeda, pilek, flu, dan Covid-19 punya gejala yang cukup mirip (Foto: ilustrasi terserang flu)
Foto: alodokter
Meski berbeda, pilek, flu, dan Covid-19 punya gejala yang cukup mirip (Foto: ilustrasi terserang flu)

REPUBLIKA.CO.ID, 

Oleh: Adysha Citra Ramadani

Baca Juga

Kemunculan varian Omicron membuat kasus Covid-19 kini kembali mengalami peningkatan. Di saat yang bersamaan, saat "musim" pilek dan flu sudah mulai menjelang. Meski berbeda, ketiga penyakit ini memiliki gejala yang cukup mirip.

"Itulah mengapa sulit untuk membedakan ketiganya, akan tetapi ada beberapa perbedaan," jelas Dr John Torres, seperti dilansir Today, Kamis (30/12).

Mengingat saat ini sedang pandemi, Dr Torres mengatakan orang yang bergejala sebaiknya berasumsi bahwa diri mereka terkena Covid-19 sampai terbukti tidak melalui tes. Selama hasil tes Covid-19 belum keluar, orang bergejala dianjurkan untuk mengisolasi diri dari orang lain demi mencegah penularan yang lebih luas.

"Bila tes Anda negatif, pada saat itu Anda bisa memperkirakan pilek atau flu, tapi Anda harus menganggap itu Covid-19 sampai (terbukti tidak)," ujar Dr Torres.

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Sedangkan pilek dan flu sering kali dianggap sebagai penyakit yang sama. Padahal, secara umum, flu lebih berat bila dibandingkan dengan pilek dan virus yang menyebabkannya berbeda. Flu disebabkan oleh virus influenza, sedangkan pilek disebabkan oleh virus selain influenza, seperti rhinovirus dan parainfluenza menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Menurut Dr Torres, ketiga penyakit ini memiliki beberapa gejala yang mirip. Akan tetapi, ada pula perbedaan yang bisa diperhatikan. Berikut ini adalah gejala khas dari pilek, flu, dan Covid-19.

 

Gejala Umum Pilek

Biasanya, gejala pada pilek cenderung muncul dalam beberapa hari. Gejala yang kerap muncul pada pilek adalah hidung beringus, nyeri tenggorokan, batuk, dan hidung mampat.

 

Gejala Umum Flu

Tak seperti pilek atau Covid-19, gejala flu muncul tiba-tiba dan bisa terasa berat. Bila terserang flu, seseorang bahkan bisa sampai sulit bangun dari tempat tidur. Gejala yang sering muncul pada flu adalah demam, batuk, nyeri tenggorokan, hidung beringus, nyeri badan, serta sakit kepala.

 

Gejala Umum Covid-19

Untuk Covid-19, sebagian gejala yang kerap muncul mirip seperti pilek dan flu. Gejala tersebut meliputi sakit kepala, nyeri tenggorokan, hidung beringus, demam, dan nyeri badan. Akan tetapi, ada pula gejala yang cukup khas seperti kehilangan indra penciuman dan perasa.

Di tengah kemunculan varian Omicron, gejala seperti kehilangan indra penciuman dan perasa mulai jarang dikeluhkan. Akan tetapi, banyak yang mengalami gejala berkeringat di malam hari, batuk, kelelahan, dan hidung mampat atau hidung beringus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement