Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

14 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Hikmah Diciptakannya Setan Menurut Ibnu Athaillah

Kamis 30 Dec 2021 03:06 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Hikmah Diciptakannya Setan Menurut Ibnu Athaillah. Foto: Setan (ilustrasi)

Hikmah Diciptakannya Setan Menurut Ibnu Athaillah. Foto: Setan (ilustrasi)

Foto: thesatanictemple.com
Telah menjadi takdir bagi manusia digoda oleh setan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Telah menjadi takdir bagi manusia digoda oleh setan, sebab sebelum hari akhir tiba maka setan akan terus menggoda dan menjerumuskan manusia. Lantas apa hikmah yang dapat dipetik dari diciptakannya setan bagi manusia?

 

Baca Juga

Ibnu Athaillah dalam kitab Al-Hikam mengatakan, “Idza alimat anna as-syaithana laa yughfalu anka falaa taghful anta amman naashiyatuka biyadih,”. Yang artinya, “Jika engkau tahu bahwa setan tidak pernah lupa padamu, maka jangan sampai engkau lupa pada Dzat yang menggenggam nasibmu dalam kekuasaan-Nya,”.

Allah menjadikan setan sebagai musuh manusia agar manusia benci kepadanya dan berlindung hanya pada Allah SWT. Dan setan juga tetap menggerakkan nafsu manusia, namun manusia harus terus berikhtiar selalu berusaha menghadap pada-Nya.

Menurut Ibnu Athaillah, jika manusia lupa berzikir kepada Allah maka setan akan membisikinya. Sebaliknya, jika manusia berzikir maka setan akan mundur dan menutup diri. Oleh karena itu, manusia agar selalu ingat kepada Dzat yang menentukan nasib, yakni Allah SWT.

Mengenai hal ini, Allah SWT berfirman dalam Alquran Surah An-Nahl ayat 99, “Innahu laisa lahu sulthanun alalladzina aamanu wa ala Rabbihim yatawakkalun,”. Yang artinya, “Sesungguhnya setan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhannya,”.

Yang mana itu artinya, seseorang memiliki sifat-sifat keimanan, ubudiyah, tawakal, dan selalu berlindung kepada Allah. Sehingga, kata Ibnu Athaillah, Allah senantiasa akan menolongnya dalam mengalahkan musuh.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile