Ahad 02 Jan 2022 16:49 WIB

Fraksi Gerindra: Kebijakan Larangan Ekspor Batu Bara Sudah Tepat

Fraksi Gerindra menilai kebijakan larangan ekspor batu bara sudah tepat.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan
Ahmad Muzani
Foto: Republika/Prayogi
Ahmad Muzani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Fraksi Gerindra DPR RI, Ahmad Muzani, mengapresiasi langkah pemerintah  secara resmi telah mengeluarkan kebijakan larangan ekspor batu bara mulai 1 Januari hingga 31 Januari 2021.  Menurut Muzani, keputusan pemerintah untuk melarang ekspor batu bara sudah tepat. 

"Larangan ekspor batu baru yang dilakukan pemerintah itu keputusan yang sudah benar. Karena harga batu bara yang sedang melambung tinggi menjadi ancaman bagi supply energi PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik nasional. PLN mempunyai kewajiban untuk menerangi listrik di seantero negeri, termasuk menyediakan listrik bagi kepentingan industri dalam negeri," kata Muzani dalam keterangan tertulisnya Ahad (2/1). 

Baca Juga

Muzani menegaskan, Partai Gerindra mendukung kebijakan tersebut demi kepentingan nasional. Menurutnya, keputusan larangan ekspor batu bara menunjukkan bahwa saat ini pemerintah sedang mengatasi ancaman krisis energi yang dihasilkan dari batu bara, terutama terkait dengan pembangkit listrik dalam negeri. 

Di sisi lain, batu bara merupakan sumber energi yang didapat dengan harga murah dan mudah diperoleh sebelum harga batu bara melambung tinggi seperti sekarang ini.