Ahad 02 Jan 2022 17:59 WIB

Kapolres Semarang: Arus Balik Nataru Terpantau Meningkat di Ruas Tol

Kapolres Semarang mengatakan arus balik libur Nataru terpantau meningkat di ruas tol.

Rep: Bowo Pribadi  / Red: Bayu Hermawan
Arus lalu lintas di Tol Semarang-Solo (ilustrasi)
Foto: Republika/bowo pribadi
Arus lalu lintas di Tol Semarang-Solo (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Hari terakhir kegaiatan Operasi Lilin Candi 2021, Kapolres Semarang melakukan pemantauan situasi arus lalu lintas di dalam ruas tol Semarang- Solo, di wilayah Kabupaten Semarang. Pemantauan ini dilakukan untuk memonitor pergerakan arus balik masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), yang diprediksi bakal meningkat pada Ahad (2/1) ini.

Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika HA mengatakan, hari ini melakukan pemantauan tol Semarang- Solo, mulai dari gerbang tol (GT) Ungaran hingga GT Salatiga serta sebaliknya. Dari monitoring tersebut, jelasnya, arus lalu lintas dalam tol (khususnya arus balik) mulai menunjukkan peningkatan volume kendaraan. 

Baca Juga

"Kendati begitu, belum terpantau lonjakan yang signifikan," jelasnya di Ungaran.

Peningkatan arus lalu lintas di dalam ruas tol Semarang- Solo tersebut, jelas Yovan, terpantau untuk arus lalu lintas dari arah Solo menuju ke Semarang/ Jakarta. Mobil pribadi dengan pelat nomor Jawa Barat serta Jakarta, yang melintas di ruas jalan tol juga terus menunjukkan peningkatan, selama pelaksanaan pemantauan arus lalu lalu lintas dalam tol tersebut.    

terkait dengan peningkatan arus lalu lintas ini, masih lanjut Yovan, Rest area yang menjadi lokasi istirahat para pengguna jalan tol juga mendapatkan perhatian khusus dari kapolres dan rombongan. Ada 2 lokasi rest area yang masuk wilayah Kabupaten Semarang, yaitu di KM 429A dan KM 456 A dan B. Kepada pengguna jalan yang sedang istirahat di rest area, kapolres juga mengingatkan pentingnya kamseltibcarlantas.

Kapolres mengimbau kamseltibcarlantas benar- benar diutamakan agar selama melakukan perjalanan para pemudik senantiasa diberi kelancaran dan keselamatan hingga sampai di daerah asal.

Terlebih, tambahnya, perkiraan hari ini adalah puncak arus balik di masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Maka jajaran Polres semarang selalu berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mengantisipasi arus balik hingga ops lilin candi 2021 selesai diberlakukan.

"Kami juga terus mengingatkan pentingnya protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19 pada saat masyarakat melaksanakan aktivitas mudik," lanjutnya, didampingi Wakapolres Semarang, Kompol Sigit Ari W.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id di jalan tol Semarang- Solo, seksi Bawen- Ungaran, arus kendaraan dari arah Solo/ Bawen mulai menunjukkan peningkatan.

Sejumlah rombongan kendaraan berpelat nomor berbagai daerah di Jawa Barat dan Jakarta terus mengalir ke arah Semarang. Kendati begitu, arus lalu lintas di dalam ruas tol tersebut –secara umum—terpantau ramai lancer.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement