Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

UMM Torehkan Banyak Prestasi Sepanjang 2021

Senin 03 Jan 2022 02:05 WIB

Rep: wilda fizriyani/ Red: Hiru Muhammad

Gedung Kuliah Bersama UMM (ilustrasi). Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mampu meraih banyak prestasi meskipun di tengah pandemi Covid-19. Raihan ini tidak hanya diperoleh di pentas nasional tapi juga ajang internasional pada 2021.

Gedung Kuliah Bersama UMM (ilustrasi). Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mampu meraih banyak prestasi meskipun di tengah pandemi Covid-19. Raihan ini tidak hanya diperoleh di pentas nasional tapi juga ajang internasional pada 2021.

Foto: Dokumen
Penghargaan AKU 14 kali berhasil diraih kampus yang berdiri sejak 1964 ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mampu meraih banyak prestasi meskipun di tengah pandemi Covid-19. Raihan ini tidak hanya diperoleh di pentas nasional tapi juga ajang internasional pada 2021.

Rektor UMM, Fauzan menyatakan, prestasi-prestasi yang telah diraih merupakan hasil kerja kolektif dari seluruh sivitas akademika UMM. Kualitas ini akan senantiasa dirawat demi keberhasilan lain di masa depan. "Terus menebar manfaat sebagai bentuk implementasi semboyan yang selalu UMM pegang teguh yakni Dari Muhammadiyah untuk Bangsa,” kata Fauzan dalam siaran persnya.

Baca Juga

Sepanjang 2021 sejumlah tinta emas ditorehkan UMM. Diawali dengan predikat Universitas Islam terbaik dunia versi UniRank yang juga diapresiasi oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Makarim. 

Kemudian UMM berkontribusi menekan kondisi pandemi melalui pembangunan rumah sakit darurat penanganan Covid-19. Berkat pelayanan prima menangani pandemi, RS UMM sukses mendapatkan penghargaan sebagai RS Rujukan Covid Terbaik Jawa Timur (Jatim) dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Kampus UMM juga sukses masuk sepuluh besar PTN-PTS Penerima Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (MBKM) 2021. Tidak sampai di situ, baru-baru ini UMM juga menempati peringkat pertama se-Jatim dan peringkat ketiga nasional penerima hibah riset MBKM dan pengabdian Kemendikbudristek dengan nilai hampir Rp 2 miliar.

Penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) juga kembali sukses diraih Kampus Putih 14 kali berturut-turut. Raihan ini membuktikan diri sebagai kampus swasta paling unggul di Jatim. Kampus yang didirikan pada tahun 1964 ini juga berhasil mendapatkan akreditasi Unggul.  "Akreditasi tertinggi perguruan tinggi ini menjadi bukti reputasi yang dimiliki UMM," ucapnya.

Pengakuan internasional juga terus diupayakan dengan langkah-langkah konkret melalui raihan bintang tiga dari lembaga internasional, QS Stars. Beberapa prodi juga berhasil mendapatkan sertifikasi internasional AUN-QA. Sejumlah prodi tersebut antara lain Prodi Psikologi, Komunikasi, Manajemen, Peternakan, Pendidikan Biologi dan prodi lainnya. 

Mahasiswa Kampus Putih turut serta mendulang prestasi. Satu di antaranya tim Mektronic yang memborong piala di Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN). Penghargaan di Konferensi Internasional Istanbul Youth Summit, berbagai medali di kejuaraan taekwondo internasional, kompetisi film, e-sprot dan segudang prestasi lain juga sukses diraih oleh para mahasiswa.

Tidak hanya meraih beragam prestasi, UMM juga memberikan apresiasi bagi mahasiswa Indonesia melalui UMM Student Award. Event ini merupakan ajang dan wadah persaingan mahasiswa antar kampus di Indonesia. 

 

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile