Senin 03 Jan 2022 09:55 WIB

Seruan Pembunuhan ke Pemimpin Hamas

Eks petinggi Israel serukan pembunuhan Ismail Haniyah dan Yahya SInwar.

Rep: Kamran Dikarma/Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Ismail Haniyah
Foto: EPA/Mohammed Saber
Ismail Haniyah

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Mantan menteri komunikasi Israel, Ayoub al-Qara, menyerukan pembunuhan para pemimpin tinggi Hamas. Seruan itu disampaikan setelah adanya serangan roket dari Jalur Gaza ke Israel.

“Sudah waktunya mengirim Ismail Haniyah (pemimpin Hamas) dan Yahya Sinwar (ketua Hamas di Gaza) untuk bertemu (mantan pemimpin Hamas Abdul Aziz) al-Rantisi dan (pendiri Hamas Ahmad) Yasin,” kata al-Qara saat diwawancara Israeli Channel 14, dikutip laman Middle East Monitor, Ahad (2/1).

Baca Juga

Israel diketahui membunuh al-Rantisi dan Yasin pada 2004. Al-Qara mengatakan, jika otoritas Israel tidak merespons serangan roket Hamas dari Jalur Gaza, hal itu akan menjadi pukulan fatal bagi pasukan pencegahan negara tersebut. “Ini akan mendorong Hamas dan kelompok lain di Gaza untuk terus menembaki warga Israel,” ujar politisi dari Partai Likud tersebut.

Pada Sabtu (1/1) malam lalu, sejumlah pesawat tempur Israel melancarkan serangan udara ke beberapa situs Hamas. Tank-tank Israel juga menembaki empat menara observasi Kementerian Dalam Negeri yang dikelola Hamas di Gaza utara. Tak ada laporan tentang korban luka maupun jiwa akibat serangan tersebut.