Senin 03 Jan 2022 15:41 WIB

Rangkuman Kabar Terkini Pandemi Covid-19 Dunia

Sebanyak 4.000 penerbangan dibatalkan karena cuaca dan kekhawatiran varian omicron.

Red: Dwi Murdaningsih
Virus corona (ilustrasi). Tahun berganti, pandemi covid-19 masih berlangsung di seluruh dunia. Beberapa negara mengalami kenaikan kasus akibat varian omicron.
Foto: Pixabay
Virus corona (ilustrasi). Tahun berganti, pandemi covid-19 masih berlangsung di seluruh dunia. Beberapa negara mengalami kenaikan kasus akibat varian omicron.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun berganti, pandemi covid-19 masih berlangsung di seluruh dunia. Beberapa negara mengalami kenaikan kasus akibat varian omicron.

Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi covid-19 dari berbagai belahan dunia:

Baca Juga

Asia-Pasifik

China menutup pekan terakhir 2021 dengan angka kasus mingguan COVID-19 tertinggi sejak berhasil mengatasi wabah pertama hampir dua tahun lalu. China berencana mencegah wabah COVID-19 selama gelaran Olimpiade musim dingin dengan mengisolasi semua peserta di dalam "lingkaran tertutup.

Australia mengatakan dampak yang lebih ringan dari varian Omicron membuat negara itu dapat melanjutkan rencana pembukaan kembali ekonomi. Infeksi di Australia mencapai rekor dengan lebih dari 37.000 kasus baru dan angka rawat inap meningkat.

Timur Tengah dan Afrika

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan pada Ahad (3/1) negaranya akan menawarkan dosis keempat vaksin COVID-19 kepada warga berusia di atas 60 tahun dan petugas medis.

Kedutaan besar Kuwait meminta warga negaranya untuk meninggalkan Inggris karena kasus Omicron di sana meningkat secara "signifikan dan belum pernah terjadi sebelumnya".

Amerika

Lebih dari 4.000 penerbangan dibatalkan di seluruh dunia pada Ahad (2/1), dan lebih dari setengahnya adalah penerbangan AS. Kondisi itu mengganggu perjalanan di pekan liburan akibat cuaca buruk dan meningkatnya kasus COVID yang dipicu Omicron.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan dirinya positif terinfeksi COVID-19 pada Ahad (2/1) yang disertai gejala ringan. Dia akan menghadiri rapat-rapat secara virtual.

Badan kesehatan Brasil Anvisa memperingatkan para penumpang untuk tidak menaiki kapal pesiar yang beroperasi di perairan Brasil setelah muncul wabah COVID-19 di kalangan anak buah kapal dan penumpang.

Eropa

Pemerintah Inggris telah meminta pengelola sektor publik untuk menguji rencana cadangan mereka terhadap skenario terburuk berkurangnya staf sebanyak 25 persen, sebagai bagian dari upaya meminimalkan gangguan akibat lonjakan kasus.

Murid-murid sekolah menengah pertama di Inggris akan diminta untuk memakai masker saat kembali bersekolah pekan depan usai liburan Nata.

Kepala asosiasi dokter rumah sakit senior di Jerman mengatakan Omicron dapat meringankan tekanan pada sistem kesehatan Jerman jika varian itu hanya menyebabkan penyakit ringan.

Perkembangan Medis

Menurut sebuah penelitian, vaksin COVID-19 dua-dosis Sinovac yang diikuti suntikan booster vaksin Pfizer-BioNTech menunjukkan respons kekebalan yang lebih rendah terhadap varian Omicron dibandingkan varian-varian lain.

Novavax Inc pada Februari akan menyampaikan permohonan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan AS untuk mengizinkan vaksin COVID-19 buatannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement