Selasa 04 Jan 2022 08:13 WIB

Keanu Reeves Donasikan 70 Persen Pendapatannya dari The Matrix

Keanu Reeves donasikan pendapatannya untuk penelitian leukimia.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Keanu Reeves donasikan pendapatannya untuk penelitian leukimia.
Foto: EPA
Keanu Reeves donasikan pendapatannya untuk penelitian leukimia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Keanu Reeves mendonasikan 70 persen pendapatannya dari film pertama The Matrix untuk membiayai penelitian leukemia. Keanu terdorong untuk membiayai penelitian leukemia karena adik perempuannya.

Dari film pertama The Matrix, Keanu dilaporkan mendapat bayaran awal sebesar 10 juta dolar AS atau sekitar Rp 143 miliar. Keanu lalu mendapatkan tambahan pemasukan sebesar 35 juta dolar AS atau sekitar Rp 429 miliar dari film tersebut.

Baca Juga

Aktor berusia 57 tahun tersebut tergerak untuk membiayai penelitian kanker darah setelah adik perempuannya, Kim, terdiagnosis dengan leukemia pada 1991. Keanu merupakan pengasuh utama Kim yang kini berusia 55 tahun. Kim bergelut dengan leukemia selama 10 tahun sebelum kemudian mencapai remisi.

Keanu diketahui sangat serius dalam mendampingi Kim melawan penyakitnya. Keanu bahkan sampai menjual rumahnya agar bisa lebih dekat dengan Kim. Proses produksi film-film sekuel The Matrix bahkan sempat tertunda karena Keanu harus merawat Kim.

Selain itu, Keanu juga tak ragu untuk mengeluarkan biaya besar demi kesembuhan adik perempuannya. Dilaporkan, Keanu telah menghabiskan sekitar 5 juta dolar AS atau sekitar Rp 71,5 miliar untuk terapi pengobatan Kim.

"Dia selalu ada untuk saya, kau tahu. Saya akan selalu ada untuknya," jelas Keanu, seperti dilansir Mail Online, Selasa (4/1).

Setelah Kim mencapai remisi, Keanu mendirikan yayasan amal untuk membantu pasien-pasien kanker. Melalui yayasan itu pula, Keanu aktif membantu dua rumah sakit anak dan penelitian kanker.

"Saya tidak suka menempelkan nama saya di (yayasan) itu, saya hanya membiarkan yayasan itu melakukan apa yang dilakukan," ungkap Keanu.

Sosok Keanu dikenal sebagai aktor yang dermawan dan kerap berbagi. Pada 2001, Wall Street Journal juga melaporkan bahwa Keanu membagikan sebagian pendapatannya dari film kedua dan ketiga The Matrix untuk tim efek visual dan desain pakaian yang terlibat dalam produksi kedua film tersebut.

"Dia merasa bahwa mereka adalah sosok yang membuat film tersebut dan mereka harus ambil bagian (mendapatkan bayaran besar)," pungkas laporan tersebut.

Hal serupa Keanu kembali lakukan pada produksi film The Matrix keempat. Keanu memberikan jam Rolex Submariner kepada empat orang stuntman. Satu buah jam tersebut diketahui memiliki harga 9.150 dolar AS atau sekitar Rp 131 juta.

Keanu juga pernah melakukan lelang berkencan virtual lewat Zoom bersama selama 15 menit. Sebagian besar dari pendapatan tersebut dia donasikan untuk yayasan amal kanker anak, Camp Rainbow Gold.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement