Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

13 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Orang Tua, Lakukan Ini untuk Cegah Anak Kena Omicron

Selasa 04 Jan 2022 06:23 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. Kasus varian omicron semakin meluas di berbagai wilayah sehingga pencegahan sangat penting, terutama bagi anak yang belum divaksinasi.

Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. Kasus varian omicron semakin meluas di berbagai wilayah sehingga pencegahan sangat penting, terutama bagi anak yang belum divaksinasi.

Foto: Pixabay
Anak-anak banyak yang belum divaksinasi sehingga perlu berhati-hati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus varian omicron semakin meluas di berbagai wilayah. Dr Allison Messina, kepala penyakit menular di Johns Hopkins All Children's Hospital di St. Petersburg, Florida, dan Dr Sarah Ash Combs, dari Children's National Hospital di Washington, DC memberikan lima tips untuk mencegah anak-anak terinfeksi covid-19 varian omicron.

Berikut ini tipsnya:

Baca Juga

Jadikan Omicron hal serius terutama jika anak belum divaksinasi

Kondisi Covid-19 parah termasuk varian omicron, tetap jarang terjadi di antara anak-anak. Namun, para ahli kesehatan mengatakan, orang muda tidak kebal dari virus, atau dari penyakit parah dan kematian.

"Saya pribadi telah melihat banyak anak yang sebelumnya sehat terkena COVID-19. Saya pikir sebagai orang tua, Anda ingin melakukan apa pun yang Anda bisa untuk mencegah anak Anda dalam situasi itu," kata Ash Combs seperti dikutip dari ABC News, Senin (3/1).

Dengan hadirnya omicron, para ahli kesehatan mengatakan peningkatan jumlah kasus dan rawat inap di antara anak-anak bukan karena varian menyerang mereka. Namun, lebih mungkin karena fakta sebagian besar anak di bawah usia 18 tahun masih belum divaksinasi.

Di sisi lain, Messina khawatir para peneliti belum tahu apakah omicron itu sendiri menyebabkan gejala yang lebih ringan atau apakah bisa lebih ringan karena mereka divaksinasi Covid-19."Yang saya khawatirkan, anak-anak relatif belum divaksinasi. Anak-anak pada umumnya tidak memiliki kekebalan dasar seperti yang dimiliki orang dewasa," kata dia.

Baik Messina maupun Ash Combs sependapat, hal pertama yang dapat dilakukan orang tua untuk melindungi anak-anak mereka dari Covid-19 yakni memberikan mereka vaksin. Selain itu, orang tua perlu memastikan orang dewasa yang berinteraksi dengan anak-anak juga divaksinasi termasuk suntikan booster.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile