Selasa 04 Jan 2022 19:32 WIB

Ingin Hidup Lebih Sehat? Lakukan Tujuh Perubahan Ini

Sebagai permulaan dari hidup sehat, ada tujuh perubahan yang bisa dilakukan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Lakukan tujuh perubahan ini untuk hidup lebih sehat (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Lakukan tujuh perubahan ini untuk hidup lebih sehat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Januari sering kali menjadi bulan di mana orang-orang mulai mewujudkan resolusi tahun baru mereka. Salah satu resolusi tahun baru yang kerap dicetuskan adalah menjalani pola hidup sehat.

Sebagai permulaan dari hidup sehat, ada tujuh perubahan yang bisa dilakukan mulai Januari ini. Berikut ini adalah ketujuh perubahan tersebut, seperti dilansir di Eat This Not That, baru-baru ini:

Baca Juga

1. Membiasakan sarapan

Rutin menyantap sarapan merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari pola hidup sehat. Sarapan dapat menunjang metabolisme dan mencegah terbentuknya kebiasaan tak sehat seperti menyantap makanan cepat saji.

Sarapan sebaiknya dilakukan sebelum jam 08.30 pagi untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2. Menurut studi yang dipresentasikan pada Endocrine Society pada 2021, orang yang sarapan sebelum jam 8.30 pagi memiliki kadar gula darah dan resistensi insulin lebih rendah dibandingkan ornag yang baru sarapan di atas jam tersebut.

2. Jalan kaki 20 menit

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh tidak harus dengan melakukan olahraga yang berat atau rumit. Olahraga sederhana seperti jalan kaki 20 menit setiap hari saja sudah bisa memberikan manfaat signifikan bagi kesehatan tubuh. Selain menunjang kesehatan, kebiasaan ini dapat membantu proses penurunan berat badan, membuat tubuh lebih berenergi, melindungi kesehatan jantung, dan menurunkan stres.

3. Menyantap ABC

Hidup sehat tak bisa dipisahkan dari penerapan pola makan bergizi dan seimbang. Salah satu trik yang bisa dilakukan untuk membiasakan makan sehat adalah dengan mengonsumsi ABC.

ABC merupakan singkatan dari beberapa kelompok makanan yang baik dikonsumsi setiap hari. A merupakan singkatan untuk almond, apel, dan arugula, B adalah singkatan untuk buah beri, brokoli, dan beans (kacang polong), sedangkan C adalah untuk carrot (wortel), cauliflower (kembang kol), dan coffee (kopi).

Semua makanan-makanan ini memiliki satu antioksidan atau lebih, seperti vitamin A, C, D, E, beta karoten, likopen, lutein, dan selenium. Kandungan tersebut dapat membantu melindungi dan memperbaiki DNA.

4. Jadi Superman

Bagi orang-orang yang banyak menghabiskan waktu dengan duduk, coba mulai lakukan peregangan ala Superman pada malam hari. Peregangan ini memiliki pose yang mirip dengan Superman ketika terbang. Untuk melakukannya, coba atur tubuh dalam posisi tengkurap. Setelah itu angkat kedua tangan dan kaki sehingga hanya bagian pinggul yang menempel di lantai. Tahan posisi tersebut selama tiga detik, kembali ke posisi semula, lalu ulangi sebanyak 10 kali.

5. Minum air putih sebelum makan

Coba biasakan minum segelas air putih sebelum makan. Trik ini dapat membantu menjaga hidrasi tubuh karena kesibukan sering membuat orang lupa untuk minum air putih. Bila sudah terbiasa, coba tingkatkan jumlah air yang diminum menjadi dua gelas air putih sebelum makan. Selain menjaga hidrasi, studi dalam Obesity mengungkapkan bahwa minum dua gelas air putih sebelum makan dapat membantu penurunan berat badan.

6. Rawat kesehatan mulut

Menjaga kebersihan gigi dan mulut juga harus menjadi bagian dari rencana hidup sehat. Alasannya, mulut merupakan jendela bagi kesehatan secara keseluruhan. Ada banyak masalah kesehatan serius seperti kanker, diabetes, hingga stres yang bisa diidentifikasi oleh dokter melalui pemeriksaan gigi, gusi, lidah, dan tenggorokan. Jadwalkan kunjungan rutin ke dokter untuk melakukan pemeriksaan dan pembersihan gigi dan mulut.

7. Membuat surat

Kesehatan tubuh tak hanya menyangkut kesehatan fisik, tetapi juga mental. Menulis dan mengirimkan surat secara langsung kepada orang lain ternyata dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental.

Coba tulis sebuah surat terima kasih untuk seseorang yang berjasa di dalam hidup, namun jasanya belum diapresiasi. Setelahnya, berikan surat itu secara langsung kepada orang tersebut. Berdasarkan sebuah penelitian, cara ini ternyata dapat meningkatkan skor kebahagiaan si penulis surat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement