Rabu 05 Jan 2022 14:28 WIB

Jepang Deteksi Peluncuran Rudal Balistik Korut

Korsel menyatakan keprihatinannya atas uji coba rudal balistik Korut..

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Infografis Kim Jong Un Intensifkan Uji Coba Rudal Korut
Foto: Associated Press
Infografis Kim Jong Un Intensifkan Uji Coba Rudal Korut

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Utara menembakkan rudal balistik yang diduga mengarah ke lautan pada Rabu (5/1). Peluncuran rudal balistik terjadi setelah Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bersumpah untuk meningkatkan kemampuan militernya, dalam konferensi Partai Buruh yang berkuasa pekan lalu.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan,  Korea Utara menembakkan rudal balistik yang dicurigai ke arah perairan timurnya pada Rabu pagi. Otoritas intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) berusaha menganalisis informasi lebih lanjut tentang peluncuran tersebut.

Baca Juga

Dalam konferensi video darurat, anggota tim keamanan nasional kepresidenan Korea Selatan menyatakan keprihatinan tentang peluncuran rudal balistik tersebut. Mereka akan melanjutkan pembicaraan dengan Korea Utara untuk menyelesaikan ketegangan. Sementara itu, Kementerian Pertahanan Jepang juga mendeteksi peluncuran rudal balistik Korea Utara.

"Kami merasa sangat disesalkan bahwa Korea Utara terus menembakkan rudal dari tahun lalu," kata Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida.

Kishida mengatakan, rincian lain tentang peluncuran Korea Utara masih dalam penyelidikan. Dia memerintahkan para pejabat untuk mengkonfirmasi keselamatan kapal dan pesawat, di daerah yang menjadi kemungkinan tempat rudal itu terbang dan jatuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement