Rabu 05 Jan 2022 16:29 WIB

Alasan Keanu Reeves Sumbang 70 Persen Honor The Matrix untuk Penelitian Kanker

Donasi yang dilakukan Keanu Reeves mungkin tidak terlalu mengejutkan bagi penggemar.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Keanu Reeves dikabarkan telah menyumbangkan 70 persen honornya dari film The Matrix: Resurrections untuk penelitian kanker leukimia (ilustrasi).
Keanu Reeves dikabarkan telah menyumbangkan 70 persen honornya dari film The Matrix: Resurrections untuk penelitian kanker leukimia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Aktor Keanu Reeves dikabarkan telah menyumbangkan 70 persen honornya dari film The Matrix: Resurrections untuk penelitian kanker leukimia. Menurut laporan terbaru dari Lad Bible, honor Reeves kala itu mencapai total 45 juta dolar AS atau sekitar Rp 639 miliar.

Reeves menerima 10 juta dolar AS di muka dan 35 juta dolar AS sisanya setelah rilis film, dan dia kemudian diam-diam menyumbangkan 31,5 juta dolar AS (Rp 449 miliar) dari honor film Matrix-nya. Menurut laporan ini, Reeves memiliki alasan kuat mengapa rela menghabiskan uang demi studi leukimia. Adik perempuannya, Kim, diketahui telah berjuang melawan penyakit itu sejak 1991 dan telah menghabiskan satu dekade menjalani perawatan sebelum memasuki remisi pada 2001.

Baca Juga

Reeves juga terus memberikan uang untuk penelitian selama bertahun-tahun setelah Kim sembuh, bahkan membuka penggalangan dana sendiri. “Reeves pun memiliki yayasan nirlaba yang membantu rumah sakit anak-anak dan penelitian kanker,” seperti dilansir di Screen Rant, Rabu (5/1/2022).

Dianggap sebagai salah satu film paling berpengaruh pada abad ke-20, The Matrix orisinal mendapatkan banyak penghargaan dan secara terbuka diapresiasi oleh pembuat film ternama seperti James Cameron, Quentin Tarantino, dan Christopher Nolan sebagai cerita yang inventif dan efek visual yang inovatif.

Reeves yang dalam beberapa tahun terakhir melanjutkan perannya sebagai aktor laga di waralaba John Wick, baru-baru ini kembali ke waralaba The Matrix dalam seri keempat, The Matrix: Resurrections. Meskipun karakternya terbunuh di The Matrix: Revolutions (2003), penulis dan sutradara Lana Wachowski menyatukan kembali Reeves dengan lawan main aslinya, Carrie-Ann Moss, dalam sebuah film baru yang berlangsung 60 tahun setelah peristiwa aslinya. Sejak rilis 22 Desember, entri terbaru waralaba telah berhasil meraup lebih dari 105 juta dolar AS di box office di seluruh dunia dan juga akan dirilis di China akhir bulan ini.

Berbicara tentang donasi Reeves ini mungkin tidak terlalu mengejutkan bagi penggemar, karena dia memang terkenal karena kemurahan hati dan sikap santainya, Reeves telah berulang kali mendapatkan reputasi sebagai salah satu pria terbaik di Hollywood. Dari cerita tentang dia membantu anggota kru John Wick memindahkan peralatan film yang berat, hingga cerita tentang dia menyewa minibus untuk mengangkut dirinya dan penumpang pesawat yang mendarat darurat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement