Kamis 06 Jan 2022 04:04 WIB

Ini Masa Paling Menular Saat Terkena Covid-19

Waspadai masa-masa paling menular Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Tes usap PCR. Berdasarkan studi, transmisi Covid-19 paling sering terjadi sekitar satu atau dua sebelum gejala pertama muncul dan hari kedua hingga ketiga setelah gejala muncul.
Foto: Prayogi/Republika.
Tes usap PCR. Berdasarkan studi, transmisi Covid-19 paling sering terjadi sekitar satu atau dua sebelum gejala pertama muncul dan hari kedua hingga ketiga setelah gejala muncul.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi terbaru berhasil mengungkapkan masa-masa paling menular ketika seseorang terkena Covid-19. Masa paling menular ini ternyata sudah berlangsung sejak sebelum gejala muncul.

Berdasarkan studi, transmisi Covid-19 paling sering terjadi pada dua masa. Yang pertama adalah sekitar satu atau dua sebelum gejala pertama muncul, dan yang kedua adalah pada hari kedua hingga ketiga setelah gejala muncul.

Baca Juga

Komisioner Departemen Kesehatan Publik Chicago dr Allison Arwady mengatakan saat ini gejala muncul lebih cepat setelah seseorang terinfeksi. Artinya, masa paling menular juga menjadi lebih singkat.

"Banyak orang membutuhkan waktu lebih singkat untuk pulih, karena ada lebih banyak orang yang sudah divaksinasi," ujar dr Arwady, seperti dilansir The Sun, Rabu (5/1/2022).

Di samping itu, data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC)  juga menemukan bahwa risiko transmisi tampak menurun drastis setelah hari ketujuh terinfeksi. Risiko penularan akan semakin rendah bila dikombinasikan dengan kepatuhan masyarakat dalam menggunakan masker.

Pasien Covid-19 yang tak bergejala juga tetap bisa menularkan penyakitnya. Menurut panduan CDC, individu tak bergejala ini dinilai paling sering menularkan sekitar dua hari sebelum mendapatkan hasil tes Covid-19 positif.

CDC merekomendasikan agar orang yang terpapar Covid-19 menunggu sekitar lima hari untuk melakukan tes Covid-19. Tes juga bisa dilakukan sesaat setelah gejala-gejala Covid-19 muncul.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ
Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

(QS. Al-A'raf ayat 187)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement