Kamis 06 Jan 2022 16:35 WIB

Tuchel Pastikan Kante dan Silva Positif Covid-19

Tuchel terpaksa mencoret N'Golo Kante dan Thiago Silva

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih kepala Chelsea Thomas Tuchel saat pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Aston Villa dan Chelsea di Villa Park di Birmingham, Inggris, Ahad, 26 Desember 2021.
Foto: AP/Rui Vieira
Pelatih kepala Chelsea Thomas Tuchel saat pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Aston Villa dan Chelsea di Villa Park di Birmingham, Inggris, Ahad, 26 Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, terpaksa mengubah rencana susunan sebelas pemain awal di laga leg pertama babak semifinal Piala Liga Inggris, kontra Tottenham Hotspur, Kamis (6/1/2022) dini hari WIB.

Tuchel terpaksa mencoret N'Golo Kante dan Thiago Silva di rencana starting line-up The Blues di laga tersebut. Dua pemain tersebut bahkan tidak disertakan dalam skuad The Blues dalam laga yang digelar di Stadion Stamford Bridge tersebut.

Posisi Silva di jantung pertahanan diisi oleh Malang Sarr, sementara peran Kante di lini tengah digantikan oleh Saul Niguez. Tuchel pun mengungkapkan alasannya mencoret dua pemain tersebut.

''Sayangnya, Thiago Silva dan N'Golo Kante telah dinyatakan positif Covid-19. Ini kehilangan yang besar buat kami, karena mereka adalah dua pemain penting.”

“Kami baru mendapatkan informasi itu pada pagi hari, Rabu (5/1/2022) waktu setempat. Seharusnya, mereka berdua menjadi starter di laga ini,'' kata Tuchel seperti dikutip Sky Sports, Kamis (6/1/2022).

Dalam laga yang berujung kemenangan, 2-0, untuk The Blues itu, pelatih asal Jerman itu sedikit beradaptasi dan mengubah formasi permainan The Blues. Biasanya, Tuchel begitu gandrung dengan formasi tiga bek dengan berbagai variasinya, mulai dari 3-4-3 hingga 3-4-2-1.

Namun, di laga kontra Spurs, Tuchel menerapkan formasi 4-2-2-2. Marcos Alonso dipercaya mengawal posisi bek kiri dan Cesar Azpilicueta di kanan. Sedangkan di jantung pertahanan Antonio Rudiger diduetkan dengan Malang Sarr.

Langkah ini diambil Tuchel untuk mengatasi minimnya opsi pemain di jantung pertahanan. Dengan absennya Silva akibat Covid-19, Chelsea tinggal memiliki Rudiger dan Sarr sebagai bek tengah yang masih bugar.

Sebelumnya, Andres Christensen dan Trevor Chalobah dilaporkan mengalami cedera. Begitu pula di posisi bek sayap. Cederanya Ben Chillwell dan Reece James membuat Chelsea tinggal memiliki Alonso dan Azpilicueta untuk mengisi posisi bek sayap. Kendati begitu, Tuchel mencoba untuk tetap tenang.

''Kami akan terus mendorong kemampuan ini ke tingkat tertinggi. Situasinya tidak berubah sejak beberapa pekan terakhir. Dari sini, kami harus bisa menemukan solusi. Saya selalu memiliki kepercayaan pada pemain yang kami turunkan,'' tutur eks pelatih Paris Saint Germain tersebut.

Meski ditinggal sejumlah penggawa di sektor pertahanan, Tuchel bisa sedikit bernafas lega terkait opsi pemain di lini tengah dan lini serang. Timo Werner sudah pulih dari Covid-19.

Begitu pula kondisi kebugaran Matteo Kovacic, yang terus membaik, usai mengalami cedera. Selain itu, Tuchel juga menyambut kembali kehadiran Romelu Lukaku, yang telah mengungkapkan permohonan maaf menyusul kontroversi yang ditimbulkan akibat pernyataan-pernyatannya pada pekan lalu.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement