Kamis 06 Jan 2022 21:42 WIB

Polisi Kazakhstan Tangkap Sekitar 2.000 Orang di Almaty

Kazakhstan dilanda kerusuhan terparah sejak merdeka dari Uni Sovyet pada 1991.

Red: Teguh Firmansyah
Delapan orang dan pasukan garda nasional tewas dalam kerusuhan di Kazakhstan, Rabu (5/1/2022).
Foto: EPA
Delapan orang dan pasukan garda nasional tewas dalam kerusuhan di Kazakhstan, Rabu (5/1/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW  -- Polisi Kazakhstan menangkap sekitar 2.000 orang di kota terbesar, Almaty. Demikian dilaporkan kantor berita TASS yang mengutip kementerian dalam negeri, Kamis (6/1/2022).

Pihak kepolisian sebelumnya mengatakan bahwa mereka telah "melenyapkan" puluhan perusuh setelah negara tersebut dilanda kerusuhan terparah sejak memperoleh kemerdekaan ketika Uni Soviet runtuh pada 1991.

Baca Juga

Sementara itu, stasiun TV pemerintah juga memberitakan bahwa sebanyak 12 personel penegak hukum tewas dalam sejumlah bentrokan dengan massa di Almaty pada Kamis.Disebutkan pula bahwa salah satu jasad ditemukan dengan kondisi kepala terpenggal.

Penyerbuan gedung-gedung terjadi setelah kerusuhan yang meluas di kota Almaty. Saluran berita negara, Khabar-24 melaporkan, sebanyak 353 petugas penegak hukum lainnya terluka.

Sebuah aliansi militer yang dipimpin Rusia akan mengirim pasukan penjaga perdamaian ke Kazakhstan atas permintaan Presiden Kassym-Jomart Tokayev.  Kazakhstan telah diguncang oleh meningkatnya aksi protes yang dimulai pada Ahad (2/1/2022), terkait kenaikan harga bahan bakar gas cair sebesar dua kali lipat. Aksi protes kemudian menyebar ke Almaty dan ibu kota Nur-Sultan.

Pada Rabu (5/1/2022), Tokayev berjanji mengambil tindakan keras untuk memadamkan kerusuhan dan menyatakan keadaan darurat selama dua minggu di seluruh negeri. Dia juga memberlakukan jam malam dan pembatasan pergerakan ke sekitar wilayah perkotaan.

Pemerintah Kazakhstan mengundurkan diri sebagai tanggapan atas kerusuhan tersebut. Tokayev mengklaim kerusuhan itu dipimpin oleh kelompok teroris yang telah menerima bantuan dari negara lain, yang tidak disebutkan namanya.

Awalnya aksi protes dimulai karena kenaikan harga bahan bakar gas cair hampir dua kali lipat. Bahan bakar gas cair ini banyak digunakan sebagai bahan bakar kendaraan. Namun penyebaran aksi protes yang cepat mencerminkan ketidakpuasan yang lebih luas di negara itu. Kazakhstan telah berada di bawah kekuasaan partai yang sama sejak  memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet pada 1991.

Kazakhstan adalah negara terbesar kesembilan di dunia, yang berbatasan dengan Rusia di utara dan Cina di timur. Kazakhstan memiliki cadangan minyak yang luas dan penting bagi ekonomi negara. Ketidakpuasan atas kondisi kehidupan yang buruk masih tampak di beberapa wilayah Kazakhstan. Sebagian besar warga Kazakhstan kesal dengan dominasi partai yang berkuasa, da  memegang lebih dari 80 persen kursi di parlemen.

Banyak pengunjuk rasa meneriakkan "orang tua pergi," merujuk pada Nursultan Nazarbayev, presiden pertama Kazakhstan yang terus memiliki pengaruh besar meskipun telah mengundurkan diri pada 2019.  Nazarbayev mendominasi politik Kazakhstan dan pemerintahannya ditandai oleh kultus kepribadian yang moderat.  Kritikus mengatakan, dia secara efektif melembagakan sistem klan di pemerintahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement