Jumat 07 Jan 2022 15:07 WIB

Anggap Vaksin Covid-19 Ramuan Ajaib, Kakek India 11 Kali Disuntik

Seorang kakek di India menganggap vaksin Covid-19 ramuan ajaib untuk kehidupan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19. Seorang kakek asal India mengaku sudah 11 kali disuntik vaksin Covid-19.
Foto: AP/Markus Schreiber
Vaksin Covid-19. Seorang kakek asal India mengaku sudah 11 kali disuntik vaksin Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang kakek asal Bihar, India, ditangkap setelah mengklaim telah mendapatkan 11 kali suntikan vaksin Covid-19. Brahmadev Mandal mengaku tidak kapok, masih ingin mencari kesempatan lain.

Mandal mengaku punya daftar lengkap riwayat vaksinasi Covid-19-nya. Pensiunan pegawai Departemen Pos itu berburu vaksin karena meyakini efeknya menguntungkan bagi tubuhnya.

Baca Juga

"Vaksin adalah ramuan ajaib untuk kehidupan. Saya mendapat banyak manfaat dari vaksin, bahkan masalah sakit pinggang saya telah terobati. Saturasi oksigen saya lebih bagus. Saya tidak lagi menderita batuk atau pilek," kata kakek berusia 84 tahun itu kepada media, dikutip dari laman Times Now India, Jumat (7/1/2022).

Mandal menyebut sistem dokumentasi vaksinasi warga di daerahnya tidak berjalan dan celah itulah yang dimanfaatkannya. Ia mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 pertamanya pada 13 Februari 2021.

Setelah itu, Mandal masih bisa divaksinasi masing-masing satu kali pada bulan Maret, Mei, Juni, Juli, dan Agustus 2021. Bahkan, dia mengklaim bisa mendapat tiga kali suntikan vaksin Covid-19 pada September 2021

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement