Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

 

20 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Menanti Gereget IBL Kembali ke Senayan

Jumat 07 Jan 2022 12:51 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Akbar

Penonton duduk dengan menjaga jarak pada kegiatan simulasi kehadiran penonton saat pertandingan basket di Hall Basket Senayan, Jakarta, Jumat (7/1). Simulasi kehadiran penonton itu sebagai persiapan jelang kompetisi basket Indonesian Basketball League (IBL) 2022 di Hall Basket yang akan digelar pada 15 Januari mendatang. Republika/Putra M. Akbar

Penonton duduk dengan menjaga jarak pada kegiatan simulasi kehadiran penonton saat pertandingan basket di Hall Basket Senayan, Jakarta, Jumat (7/1). Simulasi kehadiran penonton itu sebagai persiapan jelang kompetisi basket Indonesian Basketball League (IBL) 2022 di Hall Basket yang akan digelar pada 15 Januari mendatang. Republika/Putra M. Akbar

Foto: Republika
Babak penyisihan IBL 2022 akan digelar di enam kota di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Satu pekan ke depan kompetisi basket tertinggi di tanah air, IBL 2022 akan dimulai. Setelah cukup lama tidak bermain di Senayan, Seri-1 IBL yang berlangsung 15-22 Januari 2022 akan digelar di Gedung Basket Senayan.

 

Babak penyisihan IBL 2022 akan digelar di enam kota di Indonesia. Setelah di Jakarta, IBL digelar di GOR C'Tra Arena Bandung pada 29 Januari hingga 5 Februari. Seri-3 IBL kemudian berpindah ke Yogyakarta tepatnya di GOR Amongrogo pada 20 hingga 16 Februari 2022.

Baca Juga

Kota Solo, Jawa Tengah, dipercaya menjadi tuan rumah IBL seri-4 yakni pada 3-9 Maret 2022. Seri-5 digelar di Surabaya  13-19 Maret. Denpasar Bali akan menjadi seri pamungkas yakni seri-6 pada 24 hingga 30 Maret 2022.

Setelah itu IBL libur sekitar satu bulan  karena bulan Ramadhan. Usai Lebaran, liga memainkan babak playoffs-1 yakni 5-8 Mei, playoffs-2 pada 12-15 Mei, babak semifinals 19-22 Mei dan partai puncak The Finals berlangsung 26-29 Mei. Babak playoffs hingga finals akan menggunakan sistem home and away.

IBL 2022 mencetak sejarah baru dengan jumlah peserta terbanyak yakni 16 tim. Terdiri dari 15 tim basket profesional yang memperebutkan gelar juara, serta 1 timnas yunior yang hanya bermain di babak penyisihan, karena tujuannya memberi pengalaman pebasket muda Indonesia.

Setelah musim lalu terganggu pandemi, sehingga persiapan kurang maksimal. Musim ini kondisi mulai membaik, sehingga persiapan klub bisa lebih baik. Selain latihan klub juga sudah menggelar laga pemanasan.

Selain itu Klub juga sudah mulai berlatih dengan pemain asing. Dari 30 pemain asing 27 sudah tiba di tanah air. Sebagian kecil sudah ikut tune up games atau laga pemanasan. Hal ini membuat klub sudah mulai meraba kekuatan dan membidik sejumlah target.

Juara musim lalu Satria Muda Jakarta jika ditanya target tetap memasang target tertinggi. Karena motto klub yang bermarkas di Kelapa Gading, Jakarta Utara ini adalah Juara Indonesia, Indonesia Juara.

Point Guard andalan Satria Muda Hardianus Lakudu yang musim lalu keluar sebagai MVP Final melihat persaingan musim ini lebih ketat seiring bertambahnya klub peserta. Namun target juara adalah harga mati.

"Kalau dibilang persaingan nanti akan lebih merata, yang masuk IBL pasti jago-jago. Cuma SM punya fasilitas lebih memadai. Sehingga target SM selalu ingin juara," ujarnya.

Raffi Ahmad owner RANS PIK Basketball terlecut dengan keberhasilan RANS di Sepakbola yang mampu lolos ke liga satu. RANS bertekad tampil sebagai yang terbaik. Dilihat dari materi pemain dan hasil laga pemanasan RANS cukup menjanjikan.

 

"Sebagai tim baru kita punya dedikasi tinggi. Sepakbola lolos liga satu, di basket kita juga ingin berikan yang terbaik. Basket di Indonesia bisa jadi life style entertainment, sama-sama majukan basket Indonesia," kata Raffi.

West Bandits yang musim lalu sebagai pendatang baru mampu tembus semifinal. Musim ini tentu ingin tampil lebih baik lagi. Melalui Presidennya Gading Marten mengatakan selain ingin lebih baik dari musim lalu, juga ada target mulia yakni menjadikan basket sebagai motivasi untuk anak muda.

 

"Kelahiran RANS dan teman-teman lainnya terjun di sport. Walau West Bandits lahir setahun duluan. Kita ingin jadikan basket sportaenment. Kalau di luar pemain adalah super star. Memotivasi anak muda. Semoga rivalitas di lapangan, di luar kita melakukan kolaborasi," ujarnya.

Sementara itu kapten tim Evos Thunder Bogor Daniel Wenas, selain target membawa klub melangkah jauh. Juga berharap 16 tim yang ada sama-sama untuk membesarkan basket Indonesia. "Poin penting bagi pemain, bisa tampil baik di FIBA Asia 2022 dan lolos FIBA World Cup 2023. Saya punya cita-cita kalau nanti anak-anak tak ragu bercita-cita jadi pebasket," katanya.

Sementara AF Rinaldo yang dipercaya menjadi kepala pelatih Amartha Hangtuah selain menaikan level para pemainnya dari segi IQ Basketball juga bertekad minimal membawa klub lolos ke babak playoffs. 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile