Jumat 07 Jan 2022 19:53 WIB

Gejala Awal Diabetes Anak, Bukan Cuma Sering Pipis

Anak juga dapat terkena diabetes, kenali gejala awalnya.

Red: Reiny Dwinanda
Tes gula darah (Ilustrasi). Bukan cuma orang dewasa, anak-anak pun bisa mengidap diabetes.
Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Tes gula darah (Ilustrasi). Bukan cuma orang dewasa, anak-anak pun bisa mengidap diabetes.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA -- Dokter spesialis anak yang berpraktik di Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara dr Aris Sunardi SpA mengimbau para orang tua untuk mewaspadai gejala awal diabetes pada anak. Sebab, penyakit tersebut tidak hanya menyerang orang dewasa.

"Pada dasarnya, gejalanya sama seperti diabetes yang dialami orang dewasa," kata dr Aris di Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat (7/1/2022).

Baca Juga

Tanda-tanda yang mudah dikenali adalah sering buang air kecil dan rasa haus berlebih. Dr Aris menyebut, gejala awal diabetes lainnya adalah nafsu makan meningkat namun berat badan menurun, jika terluka lama sembuhnya, penglihatan kabur, terlihat lebih lesu, dan kulit menghitam.

Dr Aris mengatakan, seringnya buang air kecil disebabkan oleh tingginya kadar gula darah. Ginjal membuang kelebihan kadar gula tersebut dengan menyaringnya dari darah.

"Dengan seringnya buang air kecil, anak pun akan mudah haus atau merasa haus berlebih," katanya.

Terkait dengan kulit yang menghitam, dr Aris mengatakan, hal itu biasanya terjadi di sekitar leher dan ketiak akibat resistensi insulin. Menurut dia, gangguan pada kulit yang ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap atau menghitam itu biasa disebut dengan akantosis nigrikans.

Bagaimana dengan pengobatannya? Menurut dr Aris, pengobatan harus disesuaikan dengan jenis diabetesnya.

"Untuk diabetes tipe 1 akan diberikan terapi insulin, sedangkan diabetes tipe 2 diberikan obat-obatan antidiabetes dan bisa dengan terapi insulin juga," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement