Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image disya firnanda

Bagaimana Pola Hidup Sehat ?

Gaya Hidup | Saturday, 08 Jan 2022, 16:39 WIB
ilustrasi foto : pixabay

pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Kesehatan merupakan hal penting yang akan mendukung segala aktivitasmu berjalan dengan lancar. Tak hanya itu, menjaga pola hidup sehat bisa membuat seseorang terhindar dari segala macam penyakit dan virus. Itulah mengapa, penting untuk menjaga pola hidup sehat.

Adapun gaya hidup yang diperhatikan, mulai makanan, minuman, nutrisi hingga rutinitas berolahraga. Yap, penerapan pola hidup sehat itu selalu berhubungan dengan faktor makanan.Jadi, penting untuk menjauhi pola makan tidak sehat, yang bisa menyebabkan tubuh menjadi terkontaminasi berbagai penyakit. Maka dari itu, pastikan makanan yang kamu konsumsi adalah makanan yang sehat dan higienis.

Selain aspek makanan sehat dan bergizi, menjaga kondisi tubuh supaya tetap bugar juga penting. Caranya dengan olahraga secara teratur dan menghindari tubuh kelelahan. Untuk bisa menerapkan pola hidup sehat memang bukan perkara mudah. Mengubah kebiasaan memang tak hanya bermodal niat saja, tetapi juga perlu mencoba langkah-langkah pola hidup sehat. Diperlukan konsistensi untuk bisa melakukan cara hidup sehat. Ada beberapa cara dan langkah-langkah yang perlu diperhatikan untuk menerapkan pola hidup sehat.

Cara ampuh hidup sehat

Adapun cara-cara hidup sehat yang dapat teman-teman terapkan,yaitu:

Pertama, Mengonsumsi makanan dan minuman sehat

Langkah pertama menerapkan pola hidup sehat ialah mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Makanan yang dikategorikan sebagai makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung unsur-unsur zat yang dibutuhkan tubuh dan tidak mengandung bibit penyakit atau racun.Selain makanan yang sehat dan bergizi, kamu juga perlu mengonsumsi air minum yang sehat. Air minum yang sehat adalah air minum yang cukup mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh.

Kedua, Asupan gizi yang seimbang

Langkah menerapkan pola hidup sehat yang selanjutnya ialah memastikan tubuh mendapat asupan gizi yang seimbang setiap hari. Tentu saja hal ini berhubungan dengan makanan dan minuman apa saja yang dikonsumsi.Untuk mendapatkan gizi yang seimbang, harus mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

Ketiga, Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup disini maksudnya adalah memiliki jam tidur yang ideal dan menghindari aktivitas lembur yang bisa membuat tubuh kelelahan.Terlalu sering begadang itu tidak baik, ada banyak efek buruk yang bisa timbul dan dialami oleh tubuh karena hobi begadang.

Keempat, Memelihara kebersihan lingkungan

Langkah terakhir yang harus dibiasakan ialah memelihara kebersihan lingkungan. Hal ini penting karena lingkungan yang kotor nantinya akan menyebabkan timbulnya sumber-sumber penyakit dan virus.

Faktor yang menyebabkan hidup tidak sehat

Gaya hidup seseorang bisa memberikan dampak pada kesehatan, seperti bagaimana cara seseorang menerapkan pola hidupnya, apakah sudah benar-benar menjalankan pola hidup yang sehat atau masih belum ?

faktor-faktor yang menyebabkan hidup tidak sehat adalah:

Pertama, Pola makan yang buruk

Pola makan menjadi faktor terbesar dalam gaya hidup yang memiliki pengaruh langsung pada kesehatan. Akan tetapi, banyak orang yang menjalani pola makan yang buruk terutama dengan mengonsumsi makanan tak sehat, seperti halnya junk food. Hal ini bisa membuat Anda kekurangan gizi.

Kedua, Kurang aktif bergerak

Jarang atau tidak berolahraga sama sekali juga menjadi salah satu bentuk gaya hidup tidak sehat. Ketika tubuh kurang aktif bergerak, maka dapat menjadi lebih mudah lelah, pegal-pegal, dan cenderung memiliki risiko penyakit kronis yang tinggi.

Ketiga, Kecanduan perangkat teknologi

Perangkat teknologi, seperti halnya tv, handphone atau komputer memang dapat memfasilitasi kehidupan manusia. Namun, jika digunakan secara berlebihan bisa memunculkan dampak yang buruk. Hal ini dipicu oleh terpancarnya sinar biru atau blue light dalam jumlah yang signifikan dari perangkat tersebut.

Dampak penyakit tidak hidup sehat

Gaya hidup tidak sehat akan berdampak pada kesehatan tubuh kita seperti Sindrome Metabolik. Faktor gaya hidup yang bisa meningkatkan resiko terkena penyakit tergolong beragam. Anda yang gemar mengonsumsi makanan tidak sehat, malas bergerak atau berolahraga, dan memiliki kebiasaan yang mengganggu kesehatan seperti merokok dan minum minuamn beralkohol, lebih berisiko untuk terkena penyakit. Berikut ini adalah contoh penyakit hidup tidak sehat.

Osteoporosis, Selain kekurangan vitamin D yang menyebabkan kerapuhan tulang, osteoporosis lebih rentan terjadi pada orang yang mengalami kelumpuhan atau pada orang yang kurang bergerak aktif setiap hari.

Gagal ginjal, Penyakit ginjal juga dapat merenggut banyak nyawa orang. Pria paling kerap menderita penyakit ini. Pasien dengan gagal ginjal sudah tak kenal usia. Ini akibat dari kebiasaan sederhana yakni kurangnya minum air putih dan menahan kencing.

Stroke, Lima besar penyakit yang mematikan penduduk Indonesia yakni stroke. Terjadinya penyakit ini karena gangguan pembuluh darah otak dan hipertensi. Laki-laki lebih banyak menderita stroke dibandingkan perempuan. Padahal penyakit mematikan ini dapat dicegah dengan aktivitas fisik, jaga pola makan seimbang dan tidak merokok.

Tujuan hidup sehat bagi kehidupan

Tujuan atau manfaat dari pola hidup sehat tentunya untuk menjaga kesehatan tubuh supaya tidak mudah sakit. Memperhatikan segala aspek, mulai dari makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi dan perilaku kita sehari-hari. Baik itu dalam sebuah rutinitas olahraga hingga istirahat yang cukup.

Manfaat hidup sehat bagi kehidupan

Pola hidup sehat yang dibangun secara konsisten dan tepat dapat membantu tubuh terlindung dari segala jenis penyakit. Contohnya seperti penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Asupan makanan menjadi satu di antara faktor yang bisa meningkatkan metabolisme berjalan lebih maksimal. Selain itu, aktivitas fisik yang teratur dan diet yang tepat juga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan.

Pertama, Stamina dan energi meningkat

Tahukah kamu, jika sering mengonsumsi makanan junk food, minuman bersoda, dan makanan kemasan bisa membuat badanmu mudah lelah. Makanan tersebut bukan tidak boleh dikonsumsi, tapi dalam batasan tertentu, makanan tersebut bisa membahayakan tubuh.

Kedua, Menjaga berat tubuh ideal

Bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, menerapkan pola hidup sehat bisa menjadi solusinya. Selain menyehatkan, kamu bisa memiliki berat tubuh ideal yang penting untuk menunjang penampilanmu. Memiliki berat tubuh ideal biasanya tidak mudah terserang penyakit dibandingkan dengan yang mengalami obesitas.

Ketiga, Meningkatkan kepercayaan diri

Ketika kamu telah mendapatkan beberapa manfaat di atas, secara otomatis kepercayaan diri kamu akan meningkat. Bayangkan saja jika kamu sudah rutin melakukan kegiatan yang baik untuk tubuh dan hasilnya dapat terlihat dengan jelas, pasti jadi lebih percaya diri.

Dengan demikian, setelah membaca dan mengetahui cara-cara pola hidup sehat yang benar mulai sekarang harus terbiasa menerapkan agar terhindar dari penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dan lebih berhati-hati dalam meilih makanan yang akan di konsumsi agar tidak menimbulkan penyakit dan virus.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image