Senin 10 Jan 2022 00:25 WIB

Kampus Arjawinangun ITB Cirebon Tampung 10 Ribu Mahasiswa

Pelaksanaan perkuliahan perdana rencananya berlangsung pada 17 Januari 2022.

Red: Agus Yulianto
Suasana kampus Institut Teknologi Bandung (ITB).
Foto: Republika/Erik Purnama Putra
Suasana kampus Institut Teknologi Bandung (ITB).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) Cirebon berdiri di dua lokasi, yaitu di Kampus Arjawinangun dan Kampus Watubelah. Untuk Kampus Arjawinangun, diproyeksikan akan menampung sekitar 10 ribu mahasiswa.

"Pembangunan Kampus Arjawinangun sejauh ini mengikuti rencanainduk (masterplan) yang sudah disusun untuk berkapasitas sekitar 10 ribu mahasiswa," kata Ketua Program ITB Kampus Cirebon Dr Ir Iwan Kustiwan, dalam siaran pers Humas ITB, Ahad (9/1).

Adapun gedung yang sudah dibangun di Kampus Arjawinangun adalah Gedung Multifungsi A (digunakan untuk Program Studi Teknik Industri dan Perencanaan Wilayah dan Kota), Gedung Multifungsi B (digunakan untuk Program Studi Kriya dan TPB), dan sarana olah raga.

Iwan mengatakan, terdapat tujuh program studi yang dibuka di ITB Kampus Cirebon. Di antaranya Kriya, Teknik Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geofisika, Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, dan Oseanografi. 

Tetapi, aktivitas program studi tersebut masih berlangsung di Kampus Jatinangor untuk saat ini. Pelaksanaan perkuliahan perdana di ITB Cirebon rencananya akan berlangsung pada 17 Januari 2022 nanti.

Namun untuk tahap awal, proses perpindahan dan pelaksanaan kegiatan akademik Semester II-2021/2022 baru akan dilaksanakan untuk mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Industri, dan Kriya. Kampus ITB Cirebon sendiri sudah berdiri sejak 2016 dan kampus tersebut merupakan kerja sama antara Kemenristekdikti, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Cirebon, dan pihak ITB sebagai pengembangan ITB Multikampus (Kampus Ganesha, Jatinangor, dan Cirebon) sekaligus pengembangan PSDKU (Program Studi di Luar Kampus Utama).

"Untuk semester dua tahun akademik 2021/2022, mahasiswa yang akan belajar di Kampus Arjawinangun berasal dari Program Studi Teknik Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Kriya angkatan 2019 dan 2020," kata dia.

"Program Studi Teknik Geofisika dan Oseanografi akan mengikuti kegiatan akademik pada semester1 tahun akademik 2022/2023, sedangkan Program Studi Teknik Pertambangan dan Perminyak akan dilaksanakan pada tahun berikutnya. Perpindahan kegiatan akademik untuk 7 program studi tersebut dilakukan secara bertahap," katanya lagi.

Iwan menambahkan, rencana kepindahan kegiatan akademik bagi ketiga program studi tersebut dilaksanakan dalam pertimbangan infrastruktur dan sarana kampus yang sudah siap. Selain itu, status PPKM di Cirebon sudah memasuki level aman, sedangkan penerapan protokol penanganan pandemi Covid-19 dirancang sesuai dengan kondisi Cirebon saat ini. 

Bentuk perkuliahan (daring, luring atau hibrida) diserahkan kepada program studi masing-masing.Iwan berharap pengantar ini dapat membantu untuk mengembangkan program studi di Kampus Cirebon serta membantu siswa SMA untuk memilih program studi yang ada di sana. Ketujuh program studi yang ditawarkan dapat mendukung masyarakat dalam segi ekonomi dan sosial.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement