Senin 10 Jan 2022 16:55 WIB

Hari Pertama PTM 100 Persen, Siswa SD Divaksin Covid-19

Capaian vaksinasi Covid-19 usia 6-11 tahun di Kota Cirebon mencapai 18 persen

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Gita Amanda
Seorang anak menerima suntikan vaksin Sinovac Covid-19, (ilustrasi).  Vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun digelar di sekolah di hari pertama pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di Kota Cirebon.
Foto: AP/Tatan Syuflana
Seorang anak menerima suntikan vaksin Sinovac Covid-19, (ilustrasi). Vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun digelar di sekolah di hari pertama pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di Kota Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun digelar di sekolah di hari pertama pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di Kota Cirebon. Capaian vaksinasi anak pun dipercepat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengatakan pelaksanaan PTM belum dilaksanakan di semua sekolah dasar (SD) karena bertepatan dengan jadwal vaksinasi. Menurutnya, sejumlah SD ada yang baru akan melaksanakan PTM 100 persen pada Rabu bahkan adapula yang pekan depan.

Baca Juga

"Jadi diselesaikan dulu vaksinasinya. Makanya ada percepatan vaksinasi agar dalam dua minggu ini bisa seluruhnya PTM 100 persen,’’ ujar Agus, di sela monitoring PTM sekaligus pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di sejumlah SD di Kota Cirebon, Senin (10/1/2022).

Dalam kesempatan itu, Agus didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengunjungi SDIT Tahfid Sabilul Qur’an, SDN Kayu Walang, SD Santa Maria, dan SDN Kebon Baru. Di sekolah-sekolah tersebut, vaksinasi Covid-19 sedang dilakukan.

Agus menyebutkan, sejak diluncurkan pada 28 Desember 2021, capaian vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di Kota Cirebon sudah mencapai lebih dari 18 persen. Namun, jumlah itu belum termasuk data akhir pekan lalu yang mencapai 1.600 anak.

Agus menyatakan, vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun ditargetkan selesai dua pekan, atau lebih cepat dari target sebelumnya yang mencapai empat pekan. "Kita targetkan 21 Januari 2022 Insya Allah selesai. Itu dosis pertama. Mohon dukungan semuanya,’’ tutur Agus.

Sementara itu, saat melakukan monitoring di SDN Kayuwalang, Kecamatan Kesambi, PTM 100 persen sudah digelar di sekolah tersebut.

Kepala SDN Kayu Walang, Yulita Sofianti, menjelaskan anak-anak didiknya sebelumnya telah mengikuti vaksinasi yang digelar di GCM beberapa hari yang lalu. Namun dari 192 siswanya, ada 21 siswa yang belum divaksin.

Yulita menjelaskan, saat itu 21 siswanya tidak mengikuti vaksinasi dikarenakan tengah sakit atau berhalangan hadir. Sehingga di hari pertama PTM, siswa yang belum divaksin mendapatkan vaksin Covid-19.

Yulita menambahkan, seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah yang dipimpinnya juga telah divaksin Covid-19. "Prokes juga kami jalankan,’’ tegas Yulita.

Dalam pelaksanaan prokes, siswa yang masuk sekolah harus mencuci tangan terlebih dahulu. Selain itu, mereka diukur suhu tubuhnya dan diharuskan memakai masker.

Sepulang sekolah, anak kembali diukur suhu tubuhnya untuk mengetahui apakah mereka sakit atau tidak saat di sekolah. Sarana dan prasarana seperti tempat cuci tangan dan hand sanitizer juga telah disiapkan.

"Tim kesehatan juga kami siapkan,’’ tandas Yulita.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

(QS. Al-Baqarah ayat 286)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement