Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

11 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Abu Bakar, Sahabat Terdekat Nabi Muhammad SAW

Senin 10 Jan 2022 22:35 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Abu Bakar, Sahabat Terdekat Nabi Muhammad SAW. Ilustrasi

Abu Bakar, Sahabat Terdekat Nabi Muhammad SAW. Ilustrasi

Foto: Mgrol120
Nabi SAW menunjukkan cinta dan hormatnya dengan menyebut Abu Bakar sahabat terdekat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Abu Bakar Ash-Shiddiq menjadi orang yang dikenal paling mendukung Nabi Muhammad SAW di setiap dakwahnya. Ia mendukung Nabi SAW saat sulit sebelum umat Islam meraih banyak kemenangan, hingga menjadi umat yang disegani.

“Jika saya mengambil seseorang sebagai teman terdekat saya, saya akan mengambil Abu Bakar, dia adalah saudara dan teman saya." Kalimat ini adalah kata-kata Nabi untuk Abu Bakar yang juga dikenal sebagai Ash-Shiddiq.

Baca Juga

Ash-Shiddiq merupakan kata dalam bahasa Arab yang menyiratkan lebih dari sekadar seorang yang tidak berbohong. Itu menunjukkan seseorang yang dapat dipercaya kata-katanya setiap waktu. Kata ini termasuk yang mengakui kebenaran dan mematuhinya, termasuk menyiratkan kebenaran pada diri sendiri, orang-orang di sekitar kita dan yang paling penting kepada Tuhan. 

Dilansir di Arab News, Nabi Muhammad menunjukkan cinta dan hormatnya yang besar kepada Abu Bakar dengan menyebutnya sahabat terdekat. Dalam bahasa Arab, kata yang digunakan untuk sahabat terdekat adalah Khaleel dan itu menunjukkan lebih dari persahabatan, melainkan kedekatan yang tulus dengan koneksi yang tidak dapat dipatahkan. Kata ini disematkan kepada Nabi Ibrahim yang dikenal sebagai Khaleel Allah.

Banyak hadist Nabi Muhammad dan sejarah Islam memberitahu kita bahwa Abu Bakar lahir dua tahun setelah Nabi Muhammad. Keduanya dilahirkan dalam suku Quraisy meskipun dalam klan yang berbeda.  Abu Bakar dilahirkan dalam keluarga yang cukup kaya dan memantapkan dirinya sebagai pedagang dan saudagar yang sukses.  Dia adalah pria yang menyenangkan dan mudah didekati yang memiliki jaringan sosial yang besar.

photo
Infografis para pembantu nabi dan tugasnya. - (Republika.co.id)
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile