Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

2 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Cara Aman Transaksi Pembelian Mobil

Senin 10 Jan 2022 21:56 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Konsumen melihat media sosial terkait kendaraan di dealer Auto2000 Sudirman, Menara Astra, Jakarta.

Konsumen melihat media sosial terkait kendaraan di dealer Auto2000 Sudirman, Menara Astra, Jakarta.

Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Konsumen melakukan transaksi dengan jeli agar terhindar dari hal yang tak diinginkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembelian mobil bagi sebagian masyarakat adalah hal yang sangat penting. Sebab, pembelian mobil memerlukan anggaran yang tak sedikit dan jika pembelian dilakukan dengan kredit maka hal ini akan berpengaruh terhadap siklus keuangan dalam beberapa tahun ke depan.

Oleh karena itu, konsumen perlu melakukan transaksi dengan jeli sehingga terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Auto2000 memiliki tips untuk mempermudah proses transaksi dan menjaga kenyamanan pelanggan supaya merasa tenang, aman selama proses pembelian mobil.

Baca Juga

Dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Senin (10/1), disebut bahwa salah satu tips terpenting adalah membeli mobil baru di dealer mobil tepercaya yang sudah dikenal masyarakat luas. Tepercaya dalam artian dealer itu bisa menjalankan bisnis dengan baik dan sesuai aturan pemerintah sehingga aman bagi masyarakat.

Auto2000 merupakan dealer Toyota terbesar di Indonesia. Konsumen yang melakukan pemesanan kendaraan akan diberikan formulir Surat Pesanan Kendaraan (SPK). Bagi konsumen Toyota, pastikan pula form tersebut adalah form resmi yang dikeluarkan oleh PT Astra International Tbk-TSO dengan cetakan nomor register sehingga dipastikan aman.

Tips kedua adalah pada saat memesan kendaraan, konsumen sebaiknya mempelajari isi formulir SPK sebelum menandatanganinya. Hal ini untuk menjamin hak dan kewajiban AutoFamily saat bertransaksi.

Selain berisi pencatatan kendaraan yang dipesan (type, model, harga), beberapa point penting yang perlu dipahami dari isi formulir biasanya memuat klausul tentang harga yang tidak mengikat, persentase dan proses pengembalian uang Down Payment atau tanda jadi bila terjadi pembatalan dan penggunaan data pelanggan.

Setelah mempelajari dan menyetujui sepenuhnya klausul dalam perjanjian jual beli, konsumen dapat menandatanganinya dan mendapatkan copy formulir tersebut demi kenyamanan bersama. Surat pesanan dianggap sah jika telah ditandatangani oleh pemesan, pejabat cabang di tempat

memesan kendaraan dan uang muka telah dibayar lunas oleh konsumen.

Tips ketiga, konsumen disarankan untuk mencari tahu nomor rekening resmi dealer. Sehingga dengan demikian dipastikan dana milik konsumen yang dibayarkan aman karena benar digunakan untuk pembelian mobil baru sesuai pesanan.

Auto2000 menginformasikan secara terbuka baik di lokasi cabang, website atau social media resmi maupun penjelasan langsung dari team sales bahwa pembayaran pembelian kendaraan dengan cek,giro, bilyet atau transfer harus diatasnamakan PT Astra International Tbk-TSO dan dianggap sah

jika sudah diterima atau tercatat di rekening Bank dengan nama akun PT Astra International Tbk-TSO.

Sedangkan untuk pembayaran tunai, dilakukan langsung kepada kasir di cabang Auto2000 dan menjadi sah jika pelanggan sudah menerima fisik lembaran kuitansi asli yang dikeluarkan oleh PT Astra International Tbk-TSO.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile