Selasa 11 Jan 2022 08:28 WIB

Film Superhero yang Penayangannya Ditunda Berkali-kali

Sejumlah film superhero yang mengalami berulang kali penundaan tayang.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Film superhero yang sempat ditunda. (ilustrasi).
Foto: DCEU/Warner Bros.
Film superhero yang sempat ditunda. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Tidak semua film superhero atau pahlawan super punya proses perilisan yang mulus. Sebut saja film Morbius besutan Marvel yang hingga kini sudah ditunda sebanyak enam kali sejak merebaknya pandemi Covid-19.

Selain Morbius, ada sejumlah film pahlawan super lain yang juga mengalami berulang kali penundaan waktu tayang. Berikut beberapa di antaranya, dikutip dari laman Gizmodo, Selasa (11/1/2022):

Baca Juga

1. The New Mutants dan Dark Phoenix

photo
Film The New Mutants - (Variety)

 

Film The New Mutants dan Dark Phoenix semula direncanakan rilis pada musim semi dan musim gugur 2018. Untuk menghindari bentrok dengan Deadpool 2, The New Mutants digeser ke Februari 2019.

The New Mutants ditunda untuk kedua kalinya guna menghindari bentrokan serupa dengan Dark Phoenix. Ternyata, Dark Phoenix yang awalnya dijadwalkan pada Februari 2019 baru bisa tayang di bioskop Juni 2019.

Akuisisi Fox menyebabkan penundaan lain untuk The New Mutants, tepatnya hingga April 2020. Setelah berbagai pertimbangan, film baru benar-benar tayang di bioskop pada Agustus 2020 di masa pandemi.

2. Wonder Woman 1984

photo
Trailer film Wonder Woman 1984. - (DC Films.)

 

Kesuksesan film pertama Wonder Woman membuat Warner Bros langsung tancap gas menggarap Wonder Woman 1984. Awalnya film hendak ditayangkan pada Desember 2019, sepekan sebelum Star Wars: The Rise of Skywalker.

Studio berubah pikiran, lalu memutuskan memajukan jadwal tayang menjadi November 2019. Akan tetapi, sinema yang dibintangi Gal Gadot itu mengalami perubahan jadwal lagi ke Juni 2020, namun ternyata pandemi Covid-19 merebak.

Itu membuat Warner Bros memundurkan film ke Agustus 2020, lalu Oktober 2020. Kegagalan Tenet di bioskop membuat studio memilih main aman. Wonder Woman 1984 akhirnya merilis film di masa liburan Natal 2020, berbarengan dengan kehadiran di HBO Max.

3. The Batman

photo
Film The Batman. - (DC/Warner Bros)

 

Penundaan film solo The Batman sudah terjadi berulang kali, bahkan sejak film direncanakan untuk dibintangi aktor Ben Affleck. Setelah berbagai perubahan, studio mengumumkan film bakal dibintangi oleh Robert Pattinson.

Semula film hendak dirilis pada Juni 2021. Akibat pandemi Covid-19, jadwal molor karena produksi sempat berhenti dua kali (salah satunya karena Pattinson positif Covid-19). Kini film dijadwalkan rilis 4 Maret 2022.

4. The Flash

photo
Film The Flash. - (DC/Warner Bros)

 

Proyek film The Flash pertama kali diumumkan pada 2014. Februari 2016, film ditargetkan tayang pada 2018 namun belum mendapat sutradara yang pas dari opsi duo Phil Lord & Chris Miller, Seth Graeme-Smith, ataupun Rick Famuyiwa.

Tahun 2018 tiba dan cerita solo tentang Barry Allen itu belum terwujud. November 2019, sutradara Andres Muschietti ditunjuk untuk mengarahkan film tersebut dan memulai produksi. Jika tak ada perubahan lagi, The Flash dijadwalkan rilis pada November 2022.

5. Guardians of the Galaxy Vol 3

photo
Guardians of the Galaxy Vol. 3 - (Digital Spy)

 

Film ini awalnya hendak dirilis pada 1 Mei 2020. Rencana tersebut terkendala sebab pada 2018 Disney memecat sutradara sekaligus penulis skenario film, James Gunn, gara-gara cicitan lama di Twitter yang tak pantas.

Banyak diskusi rumit muncul setelah itu. Sementara para pemain mendukung Gunn, Marvel berdiskusi tentang apakah akan menggunakan skrip Gunn atau tidak, dan siapa yang bakal menggantikannya sebagai sutradara.

Sejak hengkang dari proyek, Gunn menggarap The Suicide Squad dan Peacemaker untuk Warner Bros. Sejalan dengan itu, nama baiknya pulih pada 2019 dan kembali direkrut untuk Guardians 3, yang diharapkan rilis pada 5 Mei 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement