Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

 

11 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Pernah Kena Flu Dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Covid-19, Vaksin Nggak Perlu?

Selasa 11 Jan 2022 12:00 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda

Penderita flu (Ilustrasi). Masyarakat diingatkan untuk tetap mendapatkan vaksin Covid-19 meskipun studi mengungkap bahwa pengalaman kena flu bisa latih sistem imun.

Penderita flu (Ilustrasi). Masyarakat diingatkan untuk tetap mendapatkan vaksin Covid-19 meskipun studi mengungkap bahwa pengalaman kena flu bisa latih sistem imun.

Foto: www.freepik.com.
Studi ungkap pengalaman kena flu bisa bantu sistem imun lindungi tubuh dari Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan Imperial College London, Inggris mengungkapkan bahwa pengalaman berjuang sembuh dari infeksi virus corona penyebab batuk dan bersin dapat melatih sistem imunitas untuk melawan virus penyebab Covid-19. Proses ini dapat meningkatkan produksi sel T yang dapat mengenali beragam virus.

 

"Kami menemukan tingkat sel T yang sudah ada dan dibuat tubuh ketika terinfeksi virus corona lainnya dapat melindungi orang dari Covid-19," kata dr Rhia Kundu dari National Heart & Lung Institute, Imperial College London.

Baca Juga

Meskipun penemuannya penting, tetapi Rhia mengingatkan bahwa ini hanyalah satu bentuk perlindungan. Rhia tidak merekomendasikan orang untuk mengandalkan cara ini semata.

"Cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari Covid-19 adalah divaksinasi penuh, termasuk dengan mendapatkan dosis booster," ujar dia.

Dalam studinya, Rhia dan rekannya mengamati satu kelompok yang terdiri 52 orang. Mereka hidup bersama orang yang menderita Covid-19.

Rhia dan tim menemukan bahwa hanya sebagian dari mereka yang terinfeksi. Berdasarkan hasil tes darah, 26 orang yang tidak terinfeksi memiliki tingkat sel T yang lebih tinggi dari paparan terhadap virus corona lain di masa lalu.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile