Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hana Anandirra

Sirkuit Mandalika Internasional, Lombok dan Kelebihannya Hingga Digunakan Untuk MotoGP

Info Terkini | Tuesday, 11 Jan 2022, 14:38 WIB
Sirkuit Mandalika International
Sirkuit Mandalika International

Sirkuit Mandalika merupakan suatu sirkuit buat balapan yang terletak di Kawasan Ekonomi Spesial Mandalika ataupun biasa diucap KEK Mandalika.

Ataupun lebih tepatnya Sirkuit Internasional Mandalika ini terletak di Desa Kuta, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Sirkuit balap ini mempunyai spesifikasi panjang lintasan 4, 31 kilometer dengan jumlah tikungan sebanyak 17 tikungan.

Sirkuit Mandalika ini direncanakan hendak jadi tuan rumah ajang balapan MotoGP buat masa 2022, tidak hanya itu pula hendak diadakan Kejuaraan Dunia Superbike masa 2021. Sirkuit ini pula mempunyai nama formal ialah Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Tentang Sirkuit Mandalika

Pada awal mulanya, sirkuit balap ini direncanakan hendak mempunyai panjang lintasan 4, 8 kilometer, tetapi berganti jadi selama 4, 32 kilometer serta jumlah tikungannya meningkat jadi 19 tikungan.

Hendak namun desainnya diperpendek lagi jadi cuma selama 4, 31 kilometer serta dengan 17 tikungan. Bagi CEO Mandalika Grand Prix Association ialah Ricky Baheramsjah jumlah tikungan dikurangi sebab aspek keselamatan serta keamanan, dia berkata kalau" Sangat banyak tikungan, bisa menimbulkan musibah.

Nah tikungan ini ditukar dengan trek lurus buat menaikkan aksi- aksi overtaking". Bukan cuma itu, desain Sirkuit Mandalika ini dinilai lebih menguntungkan salah satu pabrikan.

Baca Juga : Peran, Tanggung Jawab & Kelebihan Jika Anda Menggunakan Jasa Konsultan Pajak, Nyaman Banget!

Dikala peresmian, Sirkuit Internasional Mandalika mempunyai panjang formal selama 4, 31 kilometer serta dengan jumlah tikungan sebanyak 17 tikungan, tidak hanya itu sirkuit ini pula mempunyai kapasitas 50. 000 tempat duduk di grandstand dengan total kapasitas menggapai 195. 700 orang.

Tidak hanya kapasitasnya yang lumayan besar, Sirkuit Mandalika pula memakai aspal berjenis Stone Mastic Asphalt( SMA) yang mempunyai tekstur agresif dengan begini diharapkan bisa menguatkan cengkraman ban nantinya.

Meski begitu, sebagian pembalap yang telah merasakan sirkuit ini menyoroti permukaan lintasan balap yang kotor. Jonathan Rea mengatakan kalau Sirkuit Mandalika sedikit kotor, paling utama buat jalan off linenya.

Tetapi lain semacam apa yang dikatakan Michael van der Mark serta Scott Redding, Leon Haslam berkata kalau perihal tersebut merupakan perihal yang lumrah buat trek sirkuit baru.

Kelebihan Sirkuit Internasional Mandalika

Direktur Konstruksi dan Pengembangan MGPA, Dwianto Eko Winaryo mengklaim, aspal yang digunakan buat lintasan Sirkuit Internasional Mandalika mengenakan aspal terbaru Stone Mastic Asphalt( SMA) dan diucap yakni yang terbaik di dunia terlebih mengalahkan Sirkuit Sepang, Malaysia.

Ada sebagian keunggulan menggunakan aspal Stone Mastic Asphalt ini. Salah satunya pembalap tidak mudah tergelincir di saat kondisi hujan. Mengenai ini hendak mengurangi efek pengendara terjatuh saat melintas di trek basah.

Tidak hanya itu, Mandalika memiliki unique selling point, tempatnya yang terletak di kawasan ekonomi istimewa memiliki panorama alam tepi laut yang indah. Dengan dikelilingi panorama perbukitan dan laut di pesisir selatan Pulau Lombok, Mandalika International Street Circuit nantinya hendak jadi salah satunya sirkuit jalan raya yang jadi bagian kalender MotoGP.

Zona paddock sirkuit hendak sanggup menaungi 40 garasi, kebalikannya kapasitas tribun utama mencapai lebih dari 50. 000 tempat duduk. Sebaliknya zona tanpa tempat duduk maupun tribun berdiri di desain buat menampung kurang lebih 138. 000 orang dan hospitality suites direncanakan memiliki kapasitas 7. 700 penonton.

Direktur PT Indonesia Tourism Development Corporation( ITDC), Abdulbar M Mansoer mengatakan, pengerjaan lintasan utama" main track" Jalan Kawasan Istimewa( JKK) yang jadi lintasan sirkuit internasional Mandalika sepanjang 4, 31 kilometer di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat merupakan yang tercepat di dunia. Di mana pengerjaan sirkuit ini dimulai 15 Juni 2020 dan tuntas 15 Agustus 2021 maupun satu tahun satu bulan.

Miliki Pit Stop Modular Saat ini Mutu Terbaik

Pit stop modular ini digunakan sebab dinilai lebih instan dalam sisi pemasangan, tetapi bukan cuma itu saja modular pula mempunyai struktur yang kokoh serta tahan terhadap cuaca yang kerap berubah- ubah di Sirkuit Mandalika.

Bangunan yang digunakan ini mempunyai 2 lantai yang dimana bagian bawahnya digunakan buat paddock dan buat bagian atas digunakan buat VIP, VVIP sampai dijadikan tempat sahabat media.

Buat memperoleh modular ini kami mempunyai saran terbaik yang menawarkan produk bermutu besar serta dengan harga yang bersaing. Anda dapat mengunjungi blog kami untuk mendapatkan info terkini tentang dunia shipping container Indonesia. Miliki pit stop modular terbaik yang dapat digunakan di Sirkuit Mandalika cuma di www.kontainerindonesia.co.id.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image