Rabu 12 Jan 2022 00:43 WIB

Persaingan Apple dan Google Bikin Pengguna Android Stres?

Google meminta Apple menghentikan gelembung obrolan warna hijau di iMessage.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
iMessage. Ilustrasi. Google meminta Apple menghentikan gelembung obrolan warna hijau di iMessage.
Foto: Digitalspy
iMessage. Ilustrasi. Google meminta Apple menghentikan gelembung obrolan warna hijau di iMessage.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Satu dekade lalu, iMessage Apple memperkenalkan pesan gratis antara pengguna iPhone yang telah mendiskriminasi pengguna Google. Sebuah laporan dari The Wall Street Journal (WSJ) mengungkapkan aplikasi itu dinilai telah memengaruhi kesehatan mental pengguna Android.

Senior VP Google Hiroshi Lockheimer mengatakan tekanan intimidasi untuk menjual produk adalah bentuk yang tidak jujur untuk perusahaan. Sementara akun Android mengatakan SMS harus membawa pengguna lebih dekat.

Baca Juga

Pengguna iMessage di iPhone memiliki gelembung obrolan berwarna biru sementara pesan dari pengguna Android berwarna hijau. Tampilan tersebut sudah ada sejak mereka menggunakan aplikasi perpesanan asli di Google OS tahun 2016. Menurut WSJ, remaja dan mahasiswa takut akan perundungan yang terjadi karena gelembung teks hijau.

Dilansir GSM Arena, Selasa (11/1), survei di antara beberapa pengguna seperti mahasiswa master berusia 24 tahun dari New York bagian utara mengungkapkan orang-orang di lingkaran temannya bereaksi dengan “Aw, itu menjijikkan” ketika pengguna lain memiliki gelembung obrolan hijau.

Meskipun solusi untuk masalah ini cukup sederhana, yaitu mengubah warna atau letakkan aplikasi di Playstore tetapi eksekutif Apple berpikir berbeda. Upaya mereka adalah menjadikan platform perpesanan sebagai standar industri dan tanpa memonetisasi aplikasi, itu akan lebih merugikan Apple daripada membantu.

Perjalanan Google sampai gagal menjadi pesaing iMessage      

Dikutip 9to5Google, Apple meluncurkan iMessage pada tahun 2011 bersamaan dengan debut iOS 5. Pada saat itu, SMS dan MMS menguasai industri dengan triliunan pesan teks dikirim setiap tahun di Amerika. Nilai jual iMessage adalah kemampuan untuk mengirim pesan tanpa dikenakan biaya dan kualitas yang lebih tinggi saat mengirim gambar dan video.

Seiring berjalannya waktu, iMessage telah berkembang dengan banyak fitur. Sementara pesaing iMessage, Google sudah mengerjakan aplikasi perpesanan selama lebih dari satu dekade.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement