Rabu 12 Jan 2022 17:20 WIB

Bioskop Film Indie di Jepang akan Ditutup Setelah 50 Tahun Beroperasi

Bioskop bernama Iwanami Hall ini akan ditutup pada 29 Juli 2022.

Red: Qommarria Rostanti
Iwanami Hall, sebuah bioskop Tokyo yang terkenal dengan pemutaran film-film seni dan independen dari seluruh dunia akan ditutup pada 29 Juli mendatang.
Foto: iwanami-hall.com
Iwanami Hall, sebuah bioskop Tokyo yang terkenal dengan pemutaran film-film seni dan independen dari seluruh dunia akan ditutup pada 29 Juli mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Iwanami Hall, sebuah bioskop Tokyo yang terkenal dengan pemutaran film-film seni dan independen (indie) dari seluruh dunia akan ditutup pada 29 Juli mendatang. Dikutip dari Kantor Berita Kyodo pada Rabu (12/1/2022), bioskop itu mengakhiri penayangannya yang hampir setengah abad sebagai bioskop karena dampak pandemi Covid-19.

Tempat berkapasitas sekitar 200 orang itu dibuka pada 1968 sebagai aula budaya dan mulai memutar film pada 1974. Secara luas, teater itu dianggap sebagai pelopor teater kecil yang menayangkan film-film independen di Jepang.

Baca Juga

Iwanami Hall utamanya menampilkan karya sastra serta dokumenter dengan tema sosial dan ideologis, menarik pencinta film di Tokyo dan sekitarnya. Di antara film-film yang diputar di teater adalah The Traveling Players yang disutradarai oleh Theodoros Angelopoulos dari Yunani dan The Whales of August oleh Lindsay Anderson dari Inggris.

Mendiang Etsuko Takano, manajer umum pertama teater, memperkenalkan mahakarya sinematik asing ke Jepang, memutar judul-judul seperti Man of Marble dari Polandia dan Pather Panchali dari India kepada para pencinta film di Jepang. Takano, yang bekerja di distributor film Toho Co sebelum mengambil posisi di Iwanami Hall, meninggal pada 2013.

Ia digantikan oleh keponakannya, Ritsuko Iwanami. Iwanami Hall terletak di area Jimbocho Tokyo, yang menampung banyak toko buku bekas dan kantor pusat beberapa penerbit besar Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement