Kamis 13 Jan 2022 00:51 WIB

Tentara Yaman Klaim Menang Lawan Milisi Houhti di Marib

Milisi Houthi sebelumnya meningkatkan serangan untuk menguasai Marib.

Red: Teguh Firmansyah
 Tentara Yaman
Foto: AP
Tentara Yaman

REPUBLIKA.CO.ID, MARIB -- Tentara Yaman pada Selasa (11/1/2022), mengeklaim kemenangan dalam pertempuran melawan kelompok pemberontak Houthi di Provinsi Ma’rib. Sebuah pernyataan militer mengatakan bahwa pasukan pemerintah merebut wilayah yang luas di distrik Harib, selatan Marib.

Pernyataan itu mengatakan Houthi mengalami "kerugian besar", tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Tidak ada komentar dari kelompok Houthi atas klaim tersebut.

Baca Juga

Media lokal sebelumnya mengatakan bahwa tentara Yaman melancarkan operasi militer besar-besaran ke distrik Harib yang dikuasai kelompok pemberontak, yang berbatasan dengan provinsi Shabwa.

Tentara Yaman pada Senin mengatakan bahwa pasukannya telah membebaskan Provinsi Shabwa dari pemberontak Houthi.

Selama berbulan-bulan, pemberontak Houthi yang bersekutu dengan Iran telah meningkatkan serangan untuk menguasai Provinsi Ma’rib yang kaya minyak, salah satu benteng terpenting pemerintah yang sah dan rumah bagi markas besar Kementerian Pertahanan Yaman.

Yaman telah dilanda kekerasan dan ketidakstabilan sejak 2014, ketika pemberontak Houthi yang bersekutu dengan Iran merebut sebagian besar negara itu, termasuk ibu kota Sanaa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement