Kamis 13 Jan 2022 11:01 WIB

Kebiasaan Buruk Sehari-hari yang Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Merokok dalam bentuk apapun dapat berbahaya bagi jantung.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Kebiasaan sehari-hari yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Kebiasaan sehari-hari yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekanan darah tinggi merupakan awal dari penyakit jantung, suatu kondisi yang dapat menyebabkan konsekuensi mematikan. Dilansir di laman Express pada Kamis (13/1/2022), satu kebiasaan sehari-hari yang umum dan dinikmati oleh jutaan orang, nyatanya dapat menjadi hal serius yang meningkatkan risiko itu.

British Heart Foundation menekankan bahwa merokok tembakau, dalam bentuk apapun, dapat sangat berbahaya bagi jantung. Zat kimia dalam rokok, misalnya, membuat dinding arteri lengket. 

Baca Juga

Arteri yang lengket berada pada peningkatan risiko mengumpulkan bahan lemak yang dapat menyumbat arteri dan mengurangi aliran darah ke seluruh tubuh. Aliran darah yang terbatas ke jantung akan menyebabkan terjadinya serangan jantung. Kemudian, jika darah tersumbat ke otak, maka terjadilah strok.

Merokok tidak hanya menyebabkan arteri lengket (meningkatkan risiko kematian), tetapi juga dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya pembekuan darah yang mematikan. Apalagi kebiasaan tidak sehat itu bisa langsung meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

Merusak tubuh Anda dengan cara ini akan mengurangi jumlah oksigen yang diterima jaringan dan organ. Merokok dianggap sebagai salah satu faktor risiko terbesar untuk penyakit jantung dan peredaran darah. 

Menghirup asap rokok atau perokok pasif juga sangat berbahaya, yang membuat Anda berisiko mengalami masalah pernapasan. Setiap batang rokok mengandung sekitar 4.000 bahan kimia, dengan sebagian besar beracun dan berbahaya bagi kesehatan. Contohnya, termasuk karbon monoksida (gas beracun), yang menyebabkan residu cokelat lengket melapisi paru-paru, meningkatkan risiko kanker, dan nikotin.

Nikotin adalah bahan kimia adiktif yang ditemukan dalam rokok, yang membuat dinding arteri yang lengket. British Heart Foundation (BHF) menekankan, tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Kesehatan jangka panjang seseorang dapat ditingkatkan dengan menghentikan kebiasaan beracun itu untuk selamanya.

BHF mengatakan hanya dalam 20 menit tidak merokok, tekanan darah mulai kembali normal. Setelah satu tahun tidak merokok, Anda mengurangi separuh risiko terkena serangan jantung atau strok. Manfaat lainnya, termasuk napas lebih segar, gigi lebih putih, kulit lebih awet muda, tidak terlihat cepat menua, lebih banyak energi, lebih mudah melawan pilek dan flu, meningkatkan gairah seks, dan peningkatan kesuburan.

“Rata-rata, pria akan menambah 10 tahun hidup mereka jika mereka berhenti pada usia 30 tahun. Banyak orang akan menambah tiga tahun dalam hidup mereka jika mereka berhenti pada usia 60 tahun,” tulis BHF. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِنَّآ اَحْلَلْنَا لَكَ اَزْوَاجَكَ الّٰتِيْٓ اٰتَيْتَ اُجُوْرَهُنَّ وَمَا مَلَكَتْ يَمِيْنُكَ مِمَّآ اَفَاۤءَ اللّٰهُ عَلَيْكَ وَبَنٰتِ عَمِّكَ وَبَنٰتِ عَمّٰتِكَ وَبَنٰتِ خَالِكَ وَبَنٰتِ خٰلٰتِكَ الّٰتِيْ هَاجَرْنَ مَعَكَۗ وَامْرَاَةً مُّؤْمِنَةً اِنْ وَّهَبَتْ نَفْسَهَا لِلنَّبِيِّ اِنْ اَرَادَ النَّبِيُّ اَنْ يَّسْتَنْكِحَهَا خَالِصَةً لَّكَ مِنْ دُوْنِ الْمُؤْمِنِيْنَۗ قَدْ عَلِمْنَا مَا فَرَضْنَا عَلَيْهِمْ فِيْٓ اَزْوَاجِهِمْ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُمْ لِكَيْلَا يَكُوْنَ عَلَيْكَ حَرَجٌۗ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا
Wahai Nabi! Sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu istri-istrimu yang telah engkau berikan maskawinnya dan hamba sahaya yang engkau miliki, termasuk apa yang engkau peroleh dalam peperangan yang dikaruniakan Allah untukmu, dan (demikian pula) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu dan anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu yang turut hijrah bersamamu, dan perempuan mukmin yang menyerahkan dirinya kepada Nabi kalau Nabi ingin menikahinya, sebagai kekhususan bagimu, bukan untuk semua orang mukmin. Kami telah mengetahui apa yang Kami wajibkan kepada mereka tentang istri-istri mereka dan hamba sahaya yang mereka miliki agar tidak menjadi kesempitan bagimu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Ahzab ayat 50)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement