Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

13 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Ini Sejumlah Bigmatch Seri 1 IBL Tokopedia 2022 yang tak Boleh Dilewatkan

Kamis 13 Jan 2022 05:17 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Guard Prawira Bandung Abraham Damar Grahita membawa bola dalam pertandingan IBL 2021 (ilustrasi).

Guard Prawira Bandung Abraham Damar Grahita membawa bola dalam pertandingan IBL 2021 (ilustrasi).

Foto: IBL/Ariya Kurniawan
Seri 1 IBL 2022 akan bergulir mulai 15 Januari sampai 22 Januari 2022 di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhelatan kompetisi basket tertinggi di Tanah Air, IBL Tokopedia 2022, akan segera dimulai. Seri 1, dari enam seri babak reguler, akan digelar di Ibu Kota Jakarta, tepatnya mulai 15 sampai 22 Januari di Gedung Basket Senayan, Jakarta.

Sejumlah laga bigmatch akan menghiasi seri pembuka ini. Salah satunya, tentu saja bentrok dua tim finalis musim lalu, Satria Muda Pertamina Jakarta versus Pelita Jaya Jakarta. Namun selain dua tim besar ini, masih ada sejumlah game lain yang juga patut disaksikan langsung oleh pecinta basket Tanah Air, baik dengan datang langsung ke arena atau menonton tayangan live streaming dari kanal Youtube resmi IBL.

Baca Juga

Dari sejumlah laga yang diperkirakan seru tersebut, berikut beberapa di antaranya yang kami nilai layak dinantikan penggemar basket Indonesi karena menjanjikan pertarungan seru:

Satria Muda vs Pelita Jaya

Ulangan final musim lalu ini akan tersaji pada hari pertama yakni Sabtu (15/1/2022) pukul 19.00 WIB. Sejak Aspac/Stapac memutuskan mundur dari IBL, pertemuan tim sekota Satria Muda versus Pelita Jaya menjadi duel yang paling seru dan selalu ditunggu.

Meski tahun ini banyak tim pendatang baru dan kembali diperkuat pemain asing. Dua tim ini masih tetap diunggulkan untuk bisa menjadi yang terbaik di IBL Tokopedia 2022.

Sebagai finalis, kedua tim dipisahkan dalam penempatan divisi, Satria Muda menghuni Divisi Merah dan Pelita Jaya di Divisi Putih. Itu artinya kedua tim ini hanya akan bertemu satu kali saja di babak reguler. Hal ini yang menjadi alasan utama laga Satria Muda vs Pelita Jaya di Jakarta ini jangan sampai terlewatkan.

Jika mengacu hasil musim lalu, Pelita Jaya saat itu mengalahkan Satria Muda di babak reguler. Namun Arki Dikania Wisnu dkk membalas tuntas di laga puncak sekaligus mengukuhkan diri sebagai juara IBL 2021.

Musim ini pastinya akan lebih menarik, pasalnya dengan adanya pemain asing walau hanya satu orang yang boleh berada di lapangan namun dampaknya akan cukup signifikan. 

Pelita Jaya memilih Dior Lowhorn yang memang sangat kuat di bawah ring. Sedangkan Satria Muda masih percaya pada Elijah Foster untuk menjaga area bawah ring. Sokongan pemain lokal pastinya akan sangat penting. Apalagi kedua tim ini diisi sederet pemain yang juga memperkuat timnas basket Indonesia.

Dewa United vs Bima Perkasa

Laga bigmatch yang wajib menjadi perhatian adalah duel Dewa United melawan Bima Perkasa Jogja yang akan digelar Ahad (16/1/2022) pukul 16.45 WIB. Bakal serunya duel ini sepertinya sudah diperkirakan manajemen sehingga dipilih menjadi laga di Seri 1 yang disiarkan langsung oleh televisi.

Dewa United vs Bima Perkasa juga ulangan babak play-off musim lalu. Di mana kedua tim berjuang hingga detik-detik terakhir pertandingan. Beruntung saat itu Dewa United memiliki Jamarr Andre Johnson yang menjadi pemain kunci kemenangan.

Musim ini Dewa United lebih aktif bergerak di bursa transfer. Tak tanggung-tanggung tiga pemain yang pernah menyandang pemain terbaik IBL mereka kumpulkan yakni Jamarr, Xaverius Prawiro, dan Kaleb Ramot Gemilang. Jika dalam performa terbaik kita sudah tahu kualitas tiga pemain ini.

Sedangkan Bima Perkasa Jogja banyak kehilangan pemain kunci musim ini, Nuke Tri Saputra yang pindah ke RANS PIK, pemain muda Tifan Eka Pradita yang pindah ke Hangtuah, dan Galank Gunawan yang kini membela Prawira Bandung. Namun Yanuar Dwi Priasmoro sudah bisa kembali bermain setelah sempat istirahat panjang akibat cedera saat memperkuat timnas Indonesia.

Tim kebanggaan Kota Gudeg ini memang terkenal dengan kolektivitas tim. Musim lalu saat sejumlah pemain bintang mereka cedera, dengan bermain kompak. Mereka hampir melangkah ke semifinal. Musim ini mereka membidik babak final. 

photo
.SM Pertamina memperkenalkan susunan tim untuk mengikuti Indonesian Basketball League (IBL) 2022. - (Antara/Dhemas Reviyanto)
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile