Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

15 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Lady Gaga Masuk Nominasi Penghargaan Bergengsi SAG Awards 2022

Kamis 13 Jan 2022 07:29 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Nominasi untuk Screen Actors Guild (SAG) Awards ke-28 diumumkan pada Rabu (12/1/2022), salah satunya memuat nama Lady Gaga.

Nominasi untuk Screen Actors Guild (SAG) Awards ke-28 diumumkan pada Rabu (12/1/2022), salah satunya memuat nama Lady Gaga.

Foto: EPA-EFE/SAUL LOEB
Nama Lady Gaga tercatat bersama Will Smith hingga Denzel Washington dalam nominasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nominasi untuk Screen Actors Guild (SAG) Awards ke-28 diumumkan pada Rabu (12/1/2022). Nominasi tersebut diumumkan oleh Vanessa Hudgens dan Rosario Dawson di Instagram Live. 

Di antara yang masuk nominasi, ada nama Will Smith, Andrew Garfield, Denzel Washington, Lady Gaga, hingga Ben Affleck. Pengumuman nominasi dilakukan secara virtual, mengingat adanya lonjakan kasus Covid-19. Kendati disiarkan secara streaming, namun tetap menjadi siaran bermakna di musim penghargaan yang sebagian besar lesu akibat pandemi.

Baca Juga

Lalu ada para pemain "Belfast" dan "CODA" termasuk di antara mereka yang juga dinominasikan untuk penghargaan ansambel terbaik. Seperti dilansir dari Fox News, Kamis (13/1/2022), selain "Belfast" dan "CODA" untuk ansambel terbaik, terdapat para pemeran House of Gucci, Don't Look Up dan King Richard. Kemudian para pemeran West Side Story karya Steven Spielberg dan mendapat dukungan untuk Ariana DeBose. 

Selain itu, ada The Power of the Dog karya Jane Campion. Film Campion, mendapatkan tiga nominasi SAG individu, di antaranya untuk Benedict Cumberbatch, Kirsten Dunst dan Kodi Smit-McPhee.

Sementa itu, Golden Globes, yang biasanya hadir secara meruah menjelang Academy Awards, nyaris tidak terdengar gaungnya. Penghargaan jadi lebih sepi, dengan hanya mengumumkan kategori di Twitter dalam sebuah upacara pribadi. 

Sepinya ajang tersebut akibat dari buntut boikot Hollywood terhadap Asosiasi Pers Asing Hollywood berkaitan masalah etika dan keragaman dalam anggotanya. Lonjakan omicron juga mendorong Critics Choice Awards untuk menunda gala tatap muka 9 Januari. Untuk tahun kedua, Oscar kembali digelar virtual, namun tanpa ingin mengurangi kemegahannya. 

Nominasi SAG, setidaknya, menegaskan bahwa perlombaan Academy Awards tahun ini memiliki banyak kekuatan bintang. Nominasi untuk aktor utama pria terbaik adalah Will Smith (King Richard), Cumberbatch, Denzel Washington (The Tragedy of Macbeth), Andrew Garfield (Tick, Tick ... Boom!) dan Javier Bardem (Being the Ricardos). Untuk pemeran utama wanita terbaik di antaranya, Lady Gaga (House of Gucci), Jessica Chastain (The Eyes of Tammy Faye), Olivia Colman (The Lost Daughter), Nicole Kidman (Being the Ricardos) dan Jennifer Hudson (Respect).

Penghargaan SAG, dipersembahkan oleh serikat aktor SAG-AFTRA. Jarang sekali film atau pertunjukan yang tidak dinominasikan di SAG, akhirnya menang di Academy Awards. Aktor merupakan persentase terbesar dari akademi film, jadi pilihan mereka memiliki pengaruh terbesar.

Tetapi tahun lalu, SAG dan akademi jadi sedikit berbeda dari biasanya. Hanya satu dari pemenang SAG, Daniel Kaluuya (Judas and the Black Messiah) yang ikut muncul di Oscar. Pemenang SAG lainnya adalah Chadwick Boseman dan Viola Davis dalam Ma Rainey's Black Bottom. Lalu Yuh-Jung Youn dalam Minari. Drama Aaron Sorkin The Trial of the Chicago 7 memenangkan ansambel terbaik di SAG virtual. 

Penghargaan sementara Nomadland karya sutradara wanita Chloé Zhao, yang mencakup banyak aktor non profesional dan tidak dinominasikan untuk ansambel, justru menang di Oscar. Penghargaan SAG tahunan ke-28 akan diadakan pada 27 Februari dan disiarkan di TNT serta TBS. Sedangkan Oscar dijadwalkan untuk 27 Maret.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile