LPPM UMP Luncurkan Desa Wisata Lewom Mbulu Banyumas

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Acara peluncuran Desa Wisata Lewok Mbulu dan pembinaan di Desa Purwojati, Banyumas.
Acara peluncuran Desa Wisata Lewok Mbulu dan pembinaan di Desa Purwojati, Banyumas. | Foto: Dokumen.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Purwokerto (LPPM UMP) Jawa Tengah melakukan pembinaan di Desa Purwojati dan meluncurkan Desa Wisata Lewok Mbulu.

Peluncuran pada Rabu (12/1) ini dihadiri oleh bupati Banyumas, kepala Dinas Pariwisata Banyumas, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, Kapolsek, Koramil, kepala Desa Purwojati, Perum Perhutani Wilayah Kerja Ajibarang, ketua LPPM UMP, tim pengabdian UMP, dan masyarakat setempat di lokasi Desa Wisata Lewok Mbulu Purwojati.

LPPM UMP melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Purwojati, memberikan fasilitas dan pembinaan seperti penanaman rumput pada lahan kosong, tanaman hias untuk keindahan, pembuatan panggung pentas, gasebo, hammock, tenda, kamar mandi, lima spot selfie, dan pembuatan titik koordinat di aplikasi Google Maps.

Erna Sulistyawati atau lebih dikenal dengan nama Erna Husein, istri Bupati Banyumas, berharap agar lokasi wisata dapat mengangkat UMKM warga. "Dengan dibukanya tempat wisata Lewok Mbulu secara otomatis bisa mengangkat UMKM yang ada disini, saya juga berharap dengan sudah dibukanya dan dibantu oleh UMP saya berharap sekali ini betul-betul bisa dijalankan," ujar Erna, Kamis (13/1).

Ketua LPPM UMP Dr Suwarno berharap agar program pengabdian tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat. "Pengabdian masyarakat yang didanai oleh UMP betul-betul bermanfaat bagi masyarakat, dan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat," ujar Dr Suwarno.

Sementara itu Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UMP Drs Karma Iswasta Eka juga berharap agar dari kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. " Meningkatnya pendapatan masyarakat sekitar melalui kegiatan UMKM," jelasnya.

Terkait


UMP Bertekad Jadi Tiga Terbaik MBKM Jawa Tengah

Pemprov DKI Tetapkan UMP 2021 Naik 5,1 Persen

Sukseskan Tri Dharma, UMP dan Universitas Al-Irsyad Bersinergi

Berusia 28 Tahun, Dosen UMP Raih Doktor dengan Cum Laude

DPRD DKI akan Panggil Dinas Tenaga Kerja Soal UMP 2022

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark