Kamis 13 Jan 2022 20:09 WIB

Daftar Harga NFT Foto Selfie Ghozali, Termurah Puluhan Juta

Ghozali menjual 932 foto selfie yang dikumpulkan sejak berusia 18 tahun.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Akun OpenSea Ghozali yang menjual NFT selfie.
Foto: tangkapan layar
Akun OpenSea Ghozali yang menjual NFT selfie.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Lelaki asal Indonesia Sultan Gustaf Al Ghozali (22 tahun) menjadi viral lantaran melakukan bisnis Non Fungible Token (NFT). Dia menjual foto selfie-nya di pasar NFT OpenSea yang terjual puluhan juta rupiah untuk satu foto.

Beberapa pesohor yang ikut membeli hasil jepretan swafoto yang dilakukannya setiap hari mulai 2017 hingga hari ini tersebut di antaranya koki selebritas Arnold Purnono atau yang lebih dikenal dengam Chef Arnold serta selebgram Reza Arab.

Baca Juga

Koleksi foto selfie-nya disebut “Ghozali Everyday.” Koleksi tersebut berisi foto selfie Ghozali selama lima tahun, sejak ia berusia 18 hingga 22 tahun dari rentang tahun 2017 hingga 2021. Ghozali menjual foto selfie-nya dengan harga awal 0,001 ethereum (ETH) senilai 3,25 dolar Amerika atau sekitar Rp 46 ribu.

Tak disangka, fotonya terjual setelah baru beberapa hari Ghozali terjun di OpenSea. “Ini benar-benar gambar saya berdiri di depan komputer hari demi hari,” kata Ghozali saat menggambarkan koleksi di OpenSea.

Sejauh ini, koleksi tersebut telah terjual sebanyak 194 ETH yang senilai 560 ribu dolar Amerika. Jika diubah ke dalam rupiah, harga tersebut senilai sekitar Rp 8 miliar. Menurut data pasar NFT,  “Ghozali Everyday” menembus 40 besar peringkat volume perdagangan 24 jam OpenSea dengan peningkatan aktivitas 72 ribu persen.

Dilansir Crypto News, Kamis (13/1), NFT termurah dalam koleksi ini dijual seharga 0,475 ETH atau 1.500 dolar Amerika atau senilai sekitar Rp 21 juta. Dengan koleksi 933 NFT, floor price atau harga minimum Ghozali Everyday bernilai hampir 1,4 juta dolar Amerika yang senilai sekitar Rp 20 miliar. Angkat tersebut merupakan lompatan besar dari 3.000 dolar Amerika yang dibuat orang Indonesia dalam penjualan perdana.

Minat terhadap koleksi Ghozali sejalan dengan volume perdagangan NFT besar-besaran yang menandai awal tahun 2022. Hanya dalam sepuluh hari pertama bulan Januari, OpenSea mencatat volume lebih dari 1,36 miliar dolar Amerika dan dapat ditetapkan untuk rekor tertinggi baru sepanjang masa dalam volume perdagangan bulanan.

Berdsarkan pantauan Republika.co.id di situs OpenSea Ghozali, Penawaran untuk foto Ghozali_Ghozalu #311 seharga 100 ETH atau 335.223 dolar Amerika yang senilai sekitar Rp 4 miliar. Penawaran tersebut akan berakhir pada Kamis (13/1).

Mengutip AntaraGhozali mengatakan nilai jual 932 foto yang dijual lewat NFT Opensea tersebut, kata dia, mencapai Rp12 miliar, di mana 10 persen dari hasil penjualan itu menjadi haknya. Ada 932 swafoto Ghozali yang buatnya sejak dirinya lulus SMK hingga memasuki semester 7 kuliahnya di Udinus.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement