Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

30 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Urutan Makan yang Benar Bantu Jaga Kadar Gula Darah: Protein-Sayur Dulu atau Karbo?

Kamis 13 Jan 2022 13:32 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Nasi dan lauk pauknya. Ketahui urutan yang benar dalam makan protein, sayuran, dan karbohidrat agar kadar glukosa darah terjaga.

Nasi dan lauk pauknya. Ketahui urutan yang benar dalam makan protein, sayuran, dan karbohidrat agar kadar glukosa darah terjaga.

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ketahui urutan makan protein, sayuran, karbohidrat yang benar agar glukosa terjaga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi menunjukkan urutan makanan yang dikonsumsi dapat berdampak pada kadar glukosa dan insulin orang yang obesitas. Diet seimbang masih jadi satu hal penting, khususnya bagi pengidap diabetes, agar kadar gula darah tetap terjaga.

Ahli gizi Pooja Makhija mengutip sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti dari Weill Cornell Medical College di New York City, Amerika Serikat. Studi itu mengatakan bahwa mengubah urutan jenis makanan yang disantap dapat mencegah lonjakan gula setelah makan.

Baca Juga

"Menurut penelitian, ketika sayuran dan protein dimakan sebelum karbohidrat, kadar glukosa 29 persen, 37 persen, dan 17 persen lebih rendah pada pemeriksaan 30, 60, dan 120 menit, dibandingkan dengan ketika karbohidrat dikonsumsi terlebih dahulu," ucap Makhija, dilansir Hindustan Times, Kamis (13/1/2022).

Lalu, insulin ditemukan secara signifikan lebih rendah ketika seseorang memakan sayuran dan protein terlebih dahulu. Urutan menyantap makanan ini juga dapat memperlambat penuaan, dapat membantu kontrol berat badan, dan hormon.

"Jadi, teorinya adalah jika kita makan sayuran dan protein sebelum makan karbohidrat, ada pengurangan 30 hingga 40 persen dalam insulin dan pengurangan lonjakan glukosa,” kata Makhija.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile