Jumat 14 Jan 2022 05:50 WIB

Dukung Penerapan Euro 4, UD Trucks Siapkan Produk Berteknologi Baru

UD Trucks Indonesia juga mempersiapkan sarana pendukung lain dalam menyambut Euro 4.

Rep: Mansyur faqih/ Red: Dwi Murdaningsih
UD Trucks menyiapkan teknologi yang mendukung penerapan Euro 4.
Foto: ud trucks
UD Trucks menyiapkan teknologi yang mendukung penerapan Euro 4.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - UD Trucks menegaskan dukungannya terhadap rencana pemerintah terkait penerapan standar emisi Euro 4 di Indonesia pada 2022 untuk kendaraan diesel. Perusahaan yang sebelumnya bernama Nissan Diesel ini bahkan telah menyiapkan produk dengan teknologi baru. 

"Kami di UD Trucks berkomitmen untuk selalu mendukung program pemerintah, khususnya dalam pengurangan emisi kendaraan yang berpengaruh terhadap keberlanjutan di Indonesia. Kami siap dengan penerapan teknologi Euro 4, Euro 5, atau bahkan Euro 6," ujar Vice President UD Trucks Indonesia Aloysius Chrisnoadhi di Jakarta, Kamis (13/1). 

Baca Juga

Dia menjelaskan, seluruh bagian pengembangan riset dan teknologi perusahaan serta diler dan aftermarket telah berupaya maksimal untuk menyiapkan kendaraan komersial yang ramah lingkungan. Hal itu pun didukung pula oleh berbagai program perkembangannya. 

Dia menjelaskan, UD Trucks mengembangkan sistem pengolahan gas buang melalui katalis yang canggih yang dikenal sebagai sistem selective catalytic reduction (SCR) urea pertama di dunia untuk truk. Hal ini sebagai akibat dari penerapan peraturan baru gas buang jangka panjang untuk semua kendaraan diesel di Jepang setelah 2005. Sistem ini pertama kali diaplikasikan di Quon pada 2004.