Masyarakat di Tasikmalaya Rasakan Guncangan Gempa

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah

Petugas BMKG memantau perkembangan gempa (ilustrasi).
Petugas BMKG memantau perkembangan gempa (ilustrasi). | Foto: Antara/Izaac Mulyawan

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Masyarakat di Kota Tasikmalaya sempat merasakan guncangan gempa bumi pada Kamis (14/1/2022) sekitar pukul 16.05 WIB. Namun, guncangan gempa berlangsung cepat, hanya sekitar satu detik.

Salah seorang warga Kota Tasikmalaya, Faisal (35), mengaku sempat merasakan gempa itu. Ketika kejadian, ia sedang tiduran di rumah. "Tahu-tahu goyang. Lumayan kencang, tapi cuma sekali," kata dia, Kamis.

Baca Juga

Usai merasakan guncangan gempa itu, ia kemudian memastikannya ke beberapa orang. Menurut dia, yang lain juga merasakan guncangan gempa itu. "Sempat panik, saya cari tahu, ternyata pusatnya di Banten," kata dia.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, tak muncul kepanikan akibat guncangan gempa itu. Sebab, guncangan hanya terjadi satu detik.

Dari informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi dengan kekuatan 6,7 SR pada Kamis sekitar pukul 16:05:41 WIB. Pusat gempa itu berada di koordinat 7.01 LS dan 105.26 BT dengan kedalaman 10 kilometer (km).

Pusat gempa berada di jarak 52 km arah barat daya Sumur, Banten. Gempa itu disebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

 

 

Terkait


BREAKING NEWS: Gempa 6,7 Magnitudo di Banten, Guncangan Terasa Sampai Jakarta

198 Rumah dan Fasilitas Umum di Halmahera Utara Dilaporkan Rusak

Dua Orang Luka-Luka Akibat Gempa M 5,5 di Halmahera Utara

BNPB Kumpulkan Data Dampak Gempa Bumi di Halmahera Utara

Halmahera Utara Diguncang Dua Kali Gempa dalam Sejam

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image
Light Dark