Jumat 14 Jan 2022 16:58 WIB

Jakarta Gempa, Pusatnya Ada di Banten

Pusat gempa berkekuatan 6,7 Magnitudo berada di Banten atau sekitar 197 kilometer barat daya Jakarta.

Rep: kurusetra republika/ Red: Network
.
.

Gempa bumi mengguncang Banten berkekuatan 6,7 Magnitudo. Guncangan gempa sampai ke beberapa wilayah di Jakarta. Foto: Tangkapan Layar

SALAM SEDULUR -- Warga Jakarta dikejutkan dengan guncangan gempa yang cukup kuat pada Kamis (14/1/2022). Guncangan itu diketahui berasal dari gempa bumi yang melanda Banten berkekuatan 6.7 Magnitudo pada pukul 16:05:41 WIB.

BMKG melaporkan, gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu berada di Koordinat: 7.01 LS-105.26 BT (52 km barat daya Sumur, Banten). Guncangan gempa yang sampai ke Jakarta karena hanya berjarak 197 kilometer barat daya Jakarta, atau 71 km Barat Daya Muarabinuangeun-Banten, 95 km barat daya Labuan-Banten, 141 km barat daya Serang-Banten.

"Tidak berpotensi tsunami #BMKG," tulis BMKG dalam akun Twitter resminya. Meski begitu, BMKG memperingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati dengan gempa susulan yang mungkin terjadi.

Gempa juga terasa di sekitar wilayah Jakarta, seperti Depok, Tangerang, dan Bogor. Di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Subekti mengaku merasa seperti diombang-ambing ketika merasakan guncangan gempa. "Lagi tiduran, terasa kayak digoyang-goyang," kata Subekti yang langsung ke luar kamarnya.

Ia mengatakan lampu gantung di rumahnya juga bergoyang. "Di lantai dua, anak saya juga merasakan gempa cukup kuat," ujar dia.

Sementara warga Tigaraksa, Banten, Laeyni mengatakan gempa membuat kaca rumahnya bergetar. Ia merasa seperti diayun-ayun seperti orang mabuk laut.

"Udah mau kabur tadi. Jaga-jaga plafon ambruk. Horor," kata Laeyni.

Laeyni mengaku takut terjadi gempa susulan episentrum karena jaraknya hanya 50 kilometer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement