Jumat 14 Jan 2022 20:19 WIB

Ini Pekerjaan Keren yang Menanti Jika Kamu Jago Bahasa Inggris 

Sebagai seorang Youtuber tentu juga harus menguasai bahasa Inggris

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Dalam dunia Pendidikan, industri kreatif sangat berpengaruh, terutama dalam prospek kerja lulusan jurusan Bahasa Inggris. Bahkan beberapa profesi saat ini, mewajibkan penguasaan Bahasa Inggris.
Foto: UBSI
Dalam dunia Pendidikan, industri kreatif sangat berpengaruh, terutama dalam prospek kerja lulusan jurusan Bahasa Inggris. Bahkan beberapa profesi saat ini, mewajibkan penguasaan Bahasa Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, tentu sudah tidak asing dengan istilah Industri kreatif yang  banyak digemari oleh generasi muda, untuk menuangkan ide dan gagasan sesuai dengan minat dan bakat yang  mereka kuasai.

Dengan adanya perkembangan industri kreatif di suatu negara, maka akan berpengaruh pada perkembangan ekonomi, untuk mampu bersaing dan berinovasi dengan negara-negara lain. Adanya industri kreatif saat ini, menjadi pembeda dari industri lain.

Pasalnya, produk yang dihasilkan memiliki keunikan dan kekhasan yang diciptakan dari daya kreativitas yang berbeda. Industri kreatif saat ini, sangat berkaitan dengan berbagai aspek, salah satunya adalah aspek Pendidikan.

Dalam dunia Pendidikan, industri kreatif sangat berpengaruh, terutama dalam prospek kerja lulusan jurusan Bahasa Inggris. Bahkan beberapa profesi saat ini, mewajibkan penguasaan Bahasa Inggris. 

Untuk info lebih jelas, berikut ini beberapa Prospek karier yang membutuhkan penguasaan bahasa inggris

Content Writer

Content writer merupakan profesi yang memiliki job desc untuk menulis berbagai kebutuhan, seperti pembuatan artikel, jurnal, berita, informasi, konten media sosial, dan lain sebagainya. 

Konten yang diciptakan bisa berupa artikel blog, postingan di media sosial, atau apapun yang ditulis dan dipublikasikan dalam platform online. Beberapa peran tersebut, mengharuskan profesi ini membutuhkan penguasaan bahasa inggris. 

Script Writer

Sebagai seorang Script writer, tentu butuh pekerja kreatif yang mengembangkan ide ke dalam bentuk naskah atau cerita, untuk keperluan produksi karya audio visual atau audio saja. 

Berbagai karya yang dimaksud mulai dari film, sinetron, iklan, drama, sandiwara radio, hingga program televisi dan radio. Karya-karya audio visual modern seperti video blog (vlog), YouTube series, web series, hingga games, juga membutuhkan peran seorang script writer. Seorang script writer, selain harus pandai menyusun naskah, tentu juga harus pandai dalam menguasai bahasa inggris, mengingat profesi ini sangat berkaitan erat dengan bahasa. 

Youtuber

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang harus dikuasai. Bahasa Inggris menjadi bahasa penghubung untuk berkomunikasi dengan orang luar negeri. Oleh karena itu, penting untuk belajar bahasa Inggris dan menguasainya.

Saat ini, banyak informasi yang tersebar di dunia maya. Mulai dari di Google, media sosial seperti Instagram dan Youtube, hingga jurnal ilmiah. Sebagai seorang Youtuber tentu juga harus menguasai bahasa Inggris. Jika kamu bisa berbahasa Inggris, tidak akan kesulitan mengakses jutaan informasi yang ada.

Penulis Cerpen/Novel/Puisi

Jika kamu suka membaca puisi, tentu sudah tidak asing lagi dengan atau justru kamu sedang menulis ‘Puisi’? Puisi merupakan bentuk karya sastra yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. 

Lewat kata-kata indahnya, kita diajak mengeksplorasi berbagai perasaan dan emosi. Karena profesi ini, sangat berkaitan dengan kata-kata dan kalimat, maka tidak heran jika profesi ini mengharuskan kamu menguasai Bahasa inggris. 

Pengajar Bahasa Inggris

Sebagai seorang pengajar Bahasa Inggris, tentu sangat berkaitan dengan Bahasa Inggris. Maka sudah tentu profesi ini wajib menguasai Bahasa Inggris. 

Staf Administrasi

Staf administrasi, merupakan peran yang penting di perusahaan. Meskipun salah satu lingkup pekerjaannya adalah mengurus jadwal meeting atau izin peminjaman ruangan, tetapi hal seperti ini, justru sangat penting bagi perusahaan.

Jadwal atasan harus kamu kuasai sepenuhnya, biasanya kalau perusahaan sudah berbasis sistem online, maka semua jadwal akan masuk ke kalendar elektronik setiap pegawai. Para bos juga bisa mengakses jadwalnya sendiri, tapi jika mereka punya staf administrasi atau sekretaris, maka para atasan tinggal menunggu diinfokan oleh stafnya. Mengingat, profesi ini berkaitan dengan pihak luar juga, maka menguasai Bahasa Inggris diprofesi ini merupakan suatu hal yang wajar. 

Itu dia beberapa profesi yang membutuhkan kemampuan berbahasa inggris. Gimana, kamu sudah siap belum memilih profesi tersebut? Jika kamu terkendala dalam menguasai Bahasa Inggris, kamu dapat berkuliah di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), dengan memilih Program Studi Bahasa Inggris, Fakutas Komunikasi dan Bahasa. 

Yuk buruan daftar sekarang! Sebagai informasi, Unversitas BSI saat ini sudah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk periode kuliah bulan Maret 2022 dan periode September 2022. Kampus ini sudah sangat fleksibel dengan pelayanan yang diberikannya. Untuk mendaftar kuliah disini, sangat mudah, cukup dengan install aplikasi PMB-UBSI di playstore, atau melalui laman https://bsi.pmbonline.id/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement