Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

 

20 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Beda Musibah dan Ujian Terkait Bencana yang Menimpa Manusia 

Jumat 14 Jan 2022 13:28 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Bencana alam gempa bumi. Ilustrasi. Musibah dan ujian kerap menimpa umat manusia selama hidup di dunia

Bencana alam gempa bumi. Ilustrasi. Musibah dan ujian kerap menimpa umat manusia selama hidup di dunia

Foto: Darmawan / Republika
Musibah dan ujian kerap menimpa umat manusia selama hidup di dunia

Oleh : Ketua Komisi Fatwa MUI Jawa Timur, KH Ma'ruf Khozin

REPUBLIKA.CO.ID, — Bencana alam atau non alam yang menimpa umat manusia di muka bumi bisa dimaknai beragam sebagai kalangan. 

 

Berbagai bencana melanda Indonesia terjadi sejak awal Januari 2021. Selain diterpa pandemi Covid-19, Indonesia juga dihantui banjir, tanah longsor, serta gempa yang mengorbankan banyak nyawa dan harta.  

Baca Juga

Dalam kajian Islam, sebagian ulama ahli tafsir berpendapat bahwa musibah ada yang diakibatkan ulah manusia, seperti dalam ayat: 

وَمَآ اَصَابَكُمْ مِّنْ مُّصِيْبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ اَيْدِيْكُمْ وَيَعْفُوْا عَنْ كَثِيْرٍۗ 

"Dan musibah apa pun yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu)." (QS Asy Syura 30) 

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ

"Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)" (QS Ar Rum 41) 

Sementara ujian adalah pemberian dari Allah ﷻ yang tidak ada campur tangan keterlibatan manusia. Seperti dijelaskan dalam ayat: 

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ 

"Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar." (QS Al Baqarah 155) 

Di balik segala sesuatu yang terjadi di dunia,  umat Muslim perlu pahami jika semuanya adalah kehendak Allah SWT. Setiap segala kejadian, tidak perlu ada penjelasan atau dipertanyakan alasannya. Sebagai manusia dan makhluk ciptaan-Nya, tugas manusia adalah berusaha dan berikhtiar sambil berdoa.

Letusan gunung, gempa, tsunami dan bencana alam lainnya adalah bentuk ujian dari Allah ﷻ. Semoga saudara-saudara kita di kawasan Gunung Semeru diberikan perlindungan Allah ﷻ, kesehatan dan pahala.  

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile