Sabtu 15 Jan 2022 05:56 WIB

Rumah Rusak di Pandeglang Akibat Gempa Bertambah Menjadi 738 Unit

Korban bencana gempa magnitudo 6,6 akan menempati hunian sementara.

Red: Muhammad Fakhruddin
Kerusakan yang terjadi akibat gempa di wilayah Pandeglang, Banten, Jawa Barat.
Foto: istimewa/media sosial
Kerusakan yang terjadi akibat gempa di wilayah Pandeglang, Banten, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID,PANDEGLANG -- Rumah rusak di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, akibat gempa magnitudo 6,6 yang terjadi Jumat (14/1/2022), pukul 16.05 WIB bertambah menjadi 738 unit dari sebelumnya 263 unit.

"Kemungkinan data bangunan rumah rusak itu terus bertambah, " kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Pandeglang,Girgi Jantoro di Pandeglang, Sabtu (14/1/2022).

Baca Juga

Bangunan rumah yang rusak tersebar di 27 kecamatan dan 113 desa, namun yang terparah di Kecamatan Sumur, Cibaliung, Panimbang, Cimanggu, dan Cikeusik. Dari 738 bangunan rumah yang rusak terdiri atas rusak berat 164 unit, 413 unit rusak ringan, dan 170 unit rusak sedang, kata dia.

Sedangkan sarana pendidikan, kesehatan, pemerintahan, dan tempat ibadah yang rusak di antaranya gedung sekolah 13 unit, puskesmas 14 unit, kantor desa tiga unit, masjid empat uni,t dan satu unit tempat usaha. "Kami hingga kini masih melakukan pendataan jumlah kerusakan bangunan dan belum mendatajiwa terdampak bencana," katanya.

Berdasarkan pengalaman bencana tsunami yang terjadi beberapa tahun lalu di Kabupaten Pandeglang, ujar dia, dipastikan korban bencana gempa magnitudo 6,6 akan menempati hunian sementara (huntara) sebelum mereka mendapatkan hunian tetap ( huntap).

Selain itu, katanya, mereka mendapatkan jaminan kehidupan dengan menerima kebutuhan bahan pokok, lauk pauk, dan lainnya. "Kami akan memberikan pelayanan terbaik kepada korban bencana agar mereka hidup layak. Kita yakin mereka bisa terpenuhi kebutuhan dasarnya karena berdasarkan pengalaman, " katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement