Sabtu 15 Jan 2022 10:31 WIB

Bayern Muenchen Ungkap Alphonso Davies Terindikasi Peradangan Otot Jantung

Alphonso Davies masih belum bisa kembali ke klub setelah serangan Covid-19.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Bayern Muenchen Alphonso Davies (kanan) saat ini sedang mengalami peradangan pada otot jantung.
Foto: EPA-EFE/Matt Childs
Pemain Bayern Muenchen Alphonso Davies (kanan) saat ini sedang mengalami peradangan pada otot jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bayern Muenchen mengungkapkan Alphonso Davies masih belum bisa kembali ke klub setelah serangan Covid-19. Klub raksasa Jerman itu mengatakan, bintang Kanada tersebut menunjukkan tanda-tanda peradangan pada otot jantung.

Mengutip dari CP24, Sabtu (15/1/2022), Canada Soccer melaporkan, pemain 21 tahun dari Edmonton itu telah dikesampingkan timnas Kanada dari tiga pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 di jendela internasional FIFA yang berlangsung Januari dan Februari.

Baca Juga

Pelatih Muenchen, Julian Nagelsmann, mengatakan pada konferensi pers pra-pertandingan melawan Koln, Jumat (14/1/2022) bahwa masalahnya terdeteksi dalam pemeriksaan lanjutan yang dilakukan semua pemain yang positif mengidap Covid-19.

"Dia akan absen latihan sampai pemberitahuan lebih lanjut. Dia tidak akan tersedia, juga dalam beberapa pekan mendatang," kata Nagelsmann. “Ultrasonografi menunjukkan miokarditis ini tidak begitu dramatis tetapi itu adalah tanda dari miokarditis. Tetap saja, itu harus sembuh dan itu pasti akan memakan waktu."

Miokarditis adalah kondisi sementara yang ringan pada sebagian besar kasus, menurut para ahli. Ditanya apakah miokarditis itu karena Covid-19, Nagelsmann mengaku sulit untuk memastikannya.

"Alasannya berbeda-beda, terutama viral load atau flu, misalnya, yang bisa menyebabkan masalah jantung," jelas Nagelsmann. "Itu terjadi sebelum corona ke pemain lain. Sekarang kemungkinannya lebih tinggi jika Anda menggabungkan korona yang mungkin menyebabkan masalah lain."

Tapi, menurut Nagelsmann, itu tidak relevan bagi klub sekarang. Tidak masalah jika Alphonso Davies menderita ini karena flu atau Omicron-Delta atau apa pun, dia menegaskan itu sebenarnya bukan faktor penentu. "Situasinya benar-benar mengerikan. Apa yang bisa saya katakan, situasi yang buruk bagi kami," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement