Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

 

18 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Walikota Langsa Luncurkan Sistem Otomasi Perpustakaan

Sabtu 15 Jan 2022 11:28 WIB

Red: Irwan Kelana

Walikota Langsa Usman Abdullah SE melalui Asisten II Pemko Langsa   Ali Musafah SE meluncurkan program sistem otomasi layanan perpustakaan menggunakan aplikasi Inlislite di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Langsa, Selasa (11/1).

Walikota Langsa Usman Abdullah SE melalui Asisten II Pemko Langsa Ali Musafah SE meluncurkan program sistem otomasi layanan perpustakaan menggunakan aplikasi Inlislite di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Langsa, Selasa (11/1).

Foto: Dok Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lan
Otomasi perpustakaan terobosan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Langsa.

REPUBLIKA.CO.ID, LANGSA -- Walikota Langsa Usman Abdullah SE melalui Asisten II Pemko Langsa,  Ali Musafah SE meluncurkan program sistem otomasi layanan perpustakaan menggunakan aplikasi Inlislite di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Langsa, Selasa (11/1).

 

Asisten II Pemerintah Kota Langsa, Ali Musafah dalam sambutan tertulis Walikota mengatakan bahwa program otomasi perpustakaan merupakan sebuah terobosan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Langsa dalam upaya mengikuti perkembangan zaman.

"Atas nama pemerintah Kota Langsa saya memberikan apresiasi positif atas terselenggaranya acara peluncuran  ini.  Adanya terobosan ini juga menambah minat baca di  kalangan masyarakat sehingga masyarakat kota Langsa semakin cerdas,"Ali Musafah saat melakukan peluncuran sistem layanan otomasi Perpustakaan di Dispusip Kota Langsa, Selasa (11/1) seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Saat ini, kata Ali Musafah,  transformasi digital  sangat cepat. Langsa  sebagai salah satu daerah tujuan pariwisata dan kota pendidikan harus membangun sebuah sistem melalui aplikasi digital.

"Saya berharap peluncuran program ini bukan akhir dalam berinovasi lebih lanjut.  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Langsa harus mensosialisasi hingga gampong-gampong.  Sehingga,  program ini dapat terus berkembang,"kata Ali Musafah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Langsa M Syarif SPd menjelaskan bahwa program pengembangan sistem otomasi perpustakaan berbasis Inlislite bertujuan untuk memudahkan integrasi pada perpustakaan yang masih menggunakan sistem manual.

Sehingga,  dengan adanya sistem otomasi perpustakaan kegiatan pengolahan, pengadaan, pelayanan sirkulasi dan administrasi perpustakaan dilakukan lebih efektif dengan bantuan teknologi informasi.

"Ke depan kita akan terus berbenah menuju digitalisasi seperti membuat aplikasi ebook atau buku elektronik. Jadi ke  depannya masyarakat dapat membaca buku dengan hanya menggunakan smartphone,"kata M  Syarif.

Sebelumnya, Kabid Perpustakaan Dispusip Kota Langsa, Wirawati SSos mengatakan bahwa  peluncuran sistem layanan otomasi perpustakaan juga dirangkai dengan acara penghargaan yaitu pemberian piagam bagi pemustaka yang berpartisipasi aktif dalam memanfaatkan layanan perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Langsa.

Sebagai informasi, INLISLite versi 3 merupakan pengembangan lanjutan dari perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan INLISLite versi 2.1.2 yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI (Perpustakaan Nasional RI) sejak tahun 2011.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan BAPPEDA, BPKD, Inspektorat, Diskominfo, Disdik serta Kementrian Agama Wilayah Kota Langsa. 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile